4 Pernyataan Wapres Ma'ruf Amin Terkait Penanganan Covid-19 di Indonesia

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 24 Sep 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 06:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Foto: Sekretariat Wakil Presiden)
Perbesar
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Foto: Sekretariat Wakil Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengapresiasi upaya penanganan Covid-19 di Indonesia yang mendapat pengakuan dunia internasional.

Ma'ruf mengatakan, saat ini Indonesia tengah mempersiapkan model penanganan jika pandemi menjadi endemi seperti prediksi para ahli.

"Kita sedang mempersiapkan bagaimana Indonesia hadapi endemi. Kita prediksi Covid-19 belum tahu sampai kapan tapi kita harus siap menghadapinya," ujar Ma'ruf saat ditemui di Gedung Bentara Budaya, Jakarta, Kamis 23 September 2021.

Selain itu, dia juga menyatakan, pemerintah tetap berupaya untuk mencapai target 208 juta sasaran vaksinasi meski secara nasional jumlah kasus aktif Covid-19 terus menurun.

Hal tersebut menurut Ma'ruf, merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus kembali atau gelombang ketiga akibat varian baru Covid-19.

Berikut 4 pernyataan Wapres Ma’ruf Amin dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Siapkan Skema Indonesia Hadapi Endemi Covid-19

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)
Perbesar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengaku bangga, penanganan Covid-19 di Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional.

Kendati tak ingin euforia, Ma'ruf menegaskan saat ini Indonesia tengah mempersiapkan model penanganan jika pandemi menjadi endemi seperti prediksi para ahli.

"Kita sedang mempersiapkan bagaimana Indonesia hadapi endemi. Kita prediksi Covid-19 belum tahu sampai kapan tapi kita harus siap menghadapinya," kata Ma'ruf saat ditemui di Gedung Bentara Budaya, Jakarta, Kamis 23 September 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Wapres Ma'ruf Amin menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada Rabu (17/2/2021)
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada Rabu (17/2/2021). (Foto: Setwapres)

Menurut Ma'ruf, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan vaksinasi.

Dia menegaskan, pemerintah sedang menggenjot program tersebut hingga mencapai target kekebalan komunal sebanyak 208 juta jiwa.

"Vaksin terus kita lakukan, juga 3T. Hal ini mencegah kembalinya ledakan kasus seperti yang pernah terjadi sebelumnya varian delta," papar Ma'ruf.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Lakukan Berbagai Upaya Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Wapres Ma'ruf Amin
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)

Ma'ruf menyebut, pemerintah tetap berupaya untuk mencapai target 208 juta sasaran vaksinasi meski secara nasional jumlah kasus aktif Covid-19 terus mengalami penurunan.

Hal ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus kembali atau gelombang ketiga akibat varian baru Covid-19.

"Cara menanganinya (gelombang ketiga) yaitu secara terus menerus tetap 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Yang kedua, pemerintah terus melakukan tracing, testing, dan treatment (3T) dan isolasi. Dan juga melakukan vaksinasi. Kita terus berupaya untuk mencapai 208 juta masyarakat, hingga tercapai herd immunity," kata dia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Perketat Pintu Masuk di Darat, Laut, Udara

Wapres Ma'ruf Amin Tutup Rakornas Indonesia Maju
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin memberikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak berhenti sampai di situ, Ma'ruf juga menyatakan Indonesia kini lebih waspada dengan memperketat pintu masuk, pemantauan masyarakat melalui aplikasi Peduli Lindungi di ruang publik dan antisipasi dengan ketersediaan rumah sakit juga obat.

"Kita siapkan semua, sekang sudah ada aplikasi Peduli Lindungi, juga pintu masuk udara, laut, darat kita perketat, orang berpergian kita lakukan pengawasan. Kita terus lakukan pencegahan dan persiapkan kemungkinan dengan persiapan rumah sakit, oksigen, obat-obatan juga," Ma'ruf menandasi.

 

(Lesty Subamin)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5 Alur Verifikasi bila WNI dan WNA Vaksinasi Covid-19 di Luar Negeri

Infografis 5 Alur Verifikasi bila WNI dan WNA Vaksinasi Covid-19 di Luar Negeri. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Alur Verifikasi bila WNI dan WNA Vaksinasi Covid-19 di Luar Negeri. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya