Sukses

Jokowi Ingin Ada Sistem Support Kesehatan Mirip IMF

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diundang Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menghadiri Global Covid-19 Summit secara virtual, Rabu 22 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi diundang Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menghadiri Global Covid-19 Summit secara virtual, Rabu 22 September 2021. Dalam pertemuan itu, Jokowi memandang perlunya sistem support kesehatan yang mirip dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

"Indonesia merasa bahwa kita perlu membangun system support kesehatan secara global yang mirip dengan sistem support keuangan secara global, seperti adanya IMF," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (23/9/2021).

Menurut dia, sistem keuangan dunia saat ini sudah tertata secara global dan arsitekturnya pun sudah baik. Untuk itu, Indonesia merasa arsitektur sistem kesehatan global juga perlu ditata dengan baik.

"Pandemi ini terlihat sekali bahwa sistem kesehatan satu negara sangat erat hubungannya dengan sistem kesehatan negara lain," ujarnya.

Dengan begitu, nantinya sistem kesehatan global bisa diakes oleh semua negara. Khususnya, negara-negara berkembang apabila menghadapi krisis kesehatan sehingga bisa mendapat bantuan.

"Sama seperti sistem ketahanan keuangan global yang dibangun dalam bentuk mekanisme IMF yang tata kelolanya sudah jelas, partisipasi juga sudah jelas, dan sudah terbukti bisa menyelamatkan kondisi keuangan baik secara fiskal atau moneter di negara-negara berkembang, bila ada masalah bisa dibantu," tutur Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Atasi Covid-19

Sebagai informasi, Global Covid-19 Summit diadakan disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76. Jokowi sendiri memberikan pidato dalam sidang umum PBB ke-76 pada Kamis, (23/9/2021) pagi waktu Indonesia.

Jokowi merupakan satu dari empat pemimpin negara yang dipilih secara pribadi oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menghadiri Global Covid-19 Summit. Pertemuan ini membahas soal bagaimana mengatasi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19