Sukses

Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Tengah Siapkan Skema Indonesia Hadapi Endemi Covid-19

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku bangga, penanganan Covid-19 di Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku bangga, penanganan Covid-19 di Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional. Kendati tak ingin euforia, Ma'ruf menegaskan saat ini Indonesia tengah mempersiapkan model penanganan jika pandemi menjadi endemi seperti prediksi para ahli.

"Kita sedang mempersiapkan bagaimana Indonesia hadapi endemi. Kita prediksi Covid-19 belum tahu sampai kapan tapi kita harus siap menghadapinya," kata Ma'ruf saat ditemui di Gedung Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (23/9/2021.

Salah satu upaya dilakukan, sambung Ma'ruf, adalah dengan vaksinasi. Dia menegaskan, pemerintah sedang menggenjot program tersebut hingga mencapai target kekebalan komunal sebanyak 208 juta jiwa.

"Vaksin terus kita lakukan, juga 3T. Hal ini mencegah kembalinya ledakan kasus seperti yang pernah terjadi sebelumnya varian delta," jelas Ma'ruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perketat Pintu Masuk

Tidak berhenti sampai di situ, Ma'ruf juga menyatakan Indonesia kini lebih waspada dengan memperketat pintu masuk, pemantauan masyarakat melalui aplikasi Peduli Lindungi di ruang publik dan antisipasi dengan ketersediaan rumah sakit juga obat.

"Kita siapkan semua, sekang sudah ada aplikasi Peduli Lindungi, juga pintu masuk udara, laut, darat kita perketat, orang berpergian kita lakukan pengawasan. Kita terus lakukan pencegahan dan persiapkan kemungkinan dengan persiapan rumah sakit, oksigen, obat-obatan juga," Ma'ruf menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.