Sukses

Polisi Matangkan Rencana Ganjil Genap dan Crowd Free Night di Depok

Rencananya sistem ganjil genap di Depok akan dilaksanakan Oktober 2021 dengan terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Satlantas Polres Metro Depok melakukan berbagai langkah persiapan penerapan sistem ganjil genap di Kota Depok. Tidak hanya itu, Satlantas Polres Metro Depok berencana akan menerapkan Crowd Free Night pada akhir pekan.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Muhammad Andi Indra Waspada mengatakan, penerapan sistem ganjil genap tidak diputuskan sepihak. Terdapat beberapa instansi memberikan masukan sehingga keputusan final dapat laksanakan.

"Tentunya ada tahapan, kemarin kan sudah ada kajian, kita studi banding juga ke Polda Metro Jaya yang lebih dulu menerapkan terkait dengan ganjil genap," ujar Andi, Kamis (23/9/2021).

Andi mengungkapkan, semua masukan dikumpulkan menjadi satu dan dirapatkan bersama Dewan Transportasi Depok. Rencananya sistem ganjil genap akan dilaksanakan Oktober mendatang dengan terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jalan.

"Alasannya selain mengurangi kepadatan kendaraan, sebagai pendukung wilayah aglomerasi pada PPKM level 3," terang Andi.

Penerapan ganjil genap akan diterapkan kepada pengguna jalan roda empat. Pelaksanaannya dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu di Jalan Raya Margonda dan Jalan Komjen Pol Yasin.

"Sementara tentu ada tahapannya kita masih terfokus pada roda empat, itu pun kegiatannya di hari weekend, karena memang berdasarkan data, peningkatan pada weekend di Jalan Raya Margonda dan Komjen Pol Yasin," ungkap Andi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Berlakukan Crowd Free Night

Andi menegaskan, kebijakan pembatasan kendaraan di Kota Depok tidak hanya dilakukan melalui ganjil genap. Rencananya, akan diberlakukan Crowd Free Night. Pemberlakukan tersebut dalam rangka kebijakan PPKM untuk mengurangi mobilitas warga pada akhir pekan.

"Rencanananya nanti akan ada kegiatan Crowd Free Night di salah satu jalur atau ruas jalan, di Komjen Pol Yasin dan GDC," ucap Andi.

Andi menuturkan, pelaksanaan Crowd Free Night di mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Pengendara yang akan melintas di jalan tersebut akan dilakukan pembatasan, kecuali warga sekitar yang tinggal di dekat Jalan Komjen Pol Yasin.

"Terkecali warga yang tinggal di sana, jadi tinggal menunjukkan KTP kepada petugas, akan ada dua lokasi di Komjen Pol Yasin dan GDC," tutur Andi.

Dia mengatakan, Jalan Komjen Pol Yasin dan GDC mengalami peningkatan keramaian kendaraan.

Nantinya, Satlantas Polres Metro Depok akan melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dan masyarakat sekitar terkait penerapan kedua sistem tersebut, serta jalur alternatif yang akan digunakan.

"Penerapan Crowd Free Night akan dilaksanakan setelah kebijakan ganjil genap dilaksanakan," pungkas Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.