Sukses

Bermalam di Suku Anak Dalam Jambi, Nadiem Makarim Sampaikan Gagasan Merdeka Belajar

Nadiem meminta agar generasi muda Suku Anak Dalam yang saat ini menempuh pendidikan tinggi untuk menginspirasi generasi muda di daerahnya

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bermalam bersama komunitas Suku Anak Dalam (SAD) dalam kunjungannya ke Jambi

Dalam kunjungannya itu, Nadiem sempat berdialog dengan masyarakat dan menyampaikan makna merdeka belajar yang menjadi programnya sealma menjadi menteri. 

“Saya pakai kaus Merdeka Belajar karena kami di Kemendikbudristek percaya bahwa pendidikan bentuknya tidak hanya satu, tapi beragam, karenanya belajar haruslah merdeka,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (22/9/2021). 

Mendikbudristek menjelaskan bahwa setiap daerah punya karakteristik sendiri. Untuk itu, harus memberikan pendidikan yang cocok.

“Maka dari itu, saya ke sini untuk memahami apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dibutuhkan bagi masyarakat yang masih memegang teguh kearifan lokalnya,” kata Nadiem.

Nadiem meminta agar generasi muda Suku Anak Dalam yang saat ini menempuh pendidikan tinggi untuk menginspirasi generasi muda di daerahnya

“Kepada guru-guru yang mengabdi di pedalaman, saya sangat berterima kasih atas dedikasinya. Doakan kami untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan ibu dan bapak guru,” kata Nadiem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajarkan Berhitung

Sementara itu, Ketua PKBM Bunga Kembang, Maknun, menjelaskan bahwa akses pendidikan formal masih sulit, sehingga pihaknya menyediakan kurikulum alternatif.

“Misalnya, komunitas SAD hidup dari menjual damar, madu, dan rotan. Namun, saat transaksi harganya tidak sesuai dan mereka merasa dibohongi. Maka, anak-anak kita ajarkan berhitung,” ujar Maknun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.