Sukses

Coldplay Ajak Jokowi Komitmen Jaga Bumi, Ini Respons Istana

Fadjroel Rachman menyampaikan terima kasih kepada Coldplay atas ajakan tersebut. Dia memastikan bahwa Presiden Jokowi berkomitmen terkait perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Fadjroel Rachman merespons ajakan band Coldplay kepada Jokowi untuk komitmen menyelamatkan bumi dengan bergabung dalam Global Citizen Live. Fadjroel mengatakan bahwa Jokowi belum memberikan sikap resmi terkait ajakan grup musik asal Inggris ini.

Kendati begitu, dia menyampaikan terima kasih kepada Coldplay atas ajakan tersebut. Fadjroel memastikan bahwa Jokowi berkomitmen terkait perubahan iklim.

"Terima kasih banyak Coldplay atas undangannya. Pak Presiden Jokowi menargetkan Net Zero Emission pada tahun 2060 dan mendukung Global Methane Pledge sebagai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia," kata Fadjroel kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Menurut dia, Presiden Jokowi memiliki komitmen kuat menuntaskan program Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, kata Fadjroel, Jokowi menyampaikan Indonesia berkomitmen mencapai target-target SDGs pada 2030 mendatang meskipun masih menghadapi pandemi Covid-19.

"Selain itu Presiden Jokowi selalu menekankan kolaborasi pentahelix baik secara nasional maupun global," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajakan Coldplay

Sebelumnya, Coldplay mengajak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk terlibat dalam Global Citizen Live. Undangan itu disampaikan Coldplay lewat cuitan oleh band pelantun "The Scientist" dan "Fix You" itu, yang me-mention akun resmi Presiden Jokowi di media sosial Twitter.

"@Jokowi, maukah Anda bergabung dengan @bankimooncentre dan koalisi penggiat iklim Indonesia di #GlobalCitizenLive untuk membuat komitmen terhadap planet ini?," cuit Coldplay.

Dalam salah satu cuitan balasan, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal mengatakan sudah menyampaikan surat undangan pidato itu lewat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Surat undangan kpd Presiden utk pidato di konser akbar @GlblCtznsudah saya sampaikan 2 minggu lalu via Menko @airlangga_hrt," tulisnya lewar Twitter.

"Semoga Pres @jokowi bisa sampaikan suara &aspirasi Indonesia utk perubahan iklim > isyu terpenting bagi umat manusia dan planet bumi. @fpcindo," kata Dino Patti Djalal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.