Sukses

Kirim Srikandi Sampai Pelosok, Cara Kota Bogor Percepat Vaksinasi Covid-19

Tim ini nantinya akan mengedukasi masyarakat di wilayah pinggiran Kota Bogor agar mau ikut vaksinasi di sentra vaksin terdekat.

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor membentuk tim pemburu vaksin guna mempercepat target pencapaian vaksinasi di wilayah itu.

Pemburu vaksin beranggotakan para srikandi dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polwan, Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan Wanita Angkatan Udara (Wara).

Tim ini nantinya akan mengedukasi masyarakat di wilayah pinggiran Kota Bogor agar mau ikut vaksinasi di sentra vaksin terdekat.

Wakil Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, menyebutkan ada 100 personel gabungan secara bergantian terjun ke tingkat RT/RW. Mereka adalah kaum hawa dari TNI/Polri dan instansi pemerintahan.

"Dipilihnya wanita sebagai tim pemburu karena mereka dianggap lebih mampu melakukan pendekatan secara humanis. Tim ini nantinya akan memberikan pemahaman dan modul-modul tentang vaksinasi beserta manfaatnya," terang Susatyo, Senin (20/9/2021).

Para srikandi ini juga nantinya menyiapkan kendaraan untuk menjemput masyarakat yang bersedia disuntik vaksin Covid-19, lalu dibawa ke sentra vaksinasi terdekat.

"Titik penjemputan bisa di RT atau RW. Kami tidak melihat jumlahnya, bila hanya ada satu orang pun yang mau divaksin tetap kita jemput," terang Kapolresta Bogor Kota itu.

Perwakilan Kowad, Lettu CKM Yuliana Trihandayani, menyatakan Kowad ikut dilibatkan dalam tim ini dalam upaya membantu meningkatkan target di daerah yang belum terjangkau vaksinasi, dan ikut memberikan pemahaman pengetahuan mengenai Covid-19 serta manfaat vaksin itu sendiri.

"Saat ini vaksin Kota Bogor sudah melebihi target, tapi kami siap tingkatkan," ujar Yuliana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Melebihi Target

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan vaksinasi untuk dosis pertama di Kota Bogor saat ini hampir mencapai 80 persen sasaran. Angka ini telah melebihi target yang diminta Presiden Joko Widodo sebesar 70 persen hingga akhir September.

"Ini karena kami melaksanakan mobilisasi di sentra-sentra vaksin. Dan hari ini cara yang dilakukan berbeda untuk mempercepat target 100 persen dosis pertama, ada tim khusus," kata dia.

Tim ini akan menjadi andalan Satgas Kota Bogor dalam mencapai target sasaran 100 persen. Sebab mereka nantinya yang menentukan target sasaran. Mereka juga yang akan menjangkau daerah-daerah yang teridentifikasi warganya belum divaksin.

"Saya yakin bisa menembus titik-titik yang kami tuju tadi dan pelaksanaan vaksinasi lebih efektif. Kalau diawal-awal ditarget angkatnya 12 sampai 15 ribu, sekarang bisa 23 ribu," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.