Sukses

Risma Luncurkan Program Mahasiswa Bantu Pemerintah di Daerah Pasca Bencana

Risma mengatakan, kementeriannya menggandeng Kemendikbudristek untuk mengajak mahasiswa membantu pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, kementeriannya menggandeng Kemendikbudristek untuk mengajak mahasiswa membantu pemerintah.

Adapun nama program tersebut Kampus Merdeka Pejuang Muda.

"Mahasiswa belajar bagaimana memahami tentang bagaimana kondisi masyarakat setempat, apa yang terjadi, kenapa penyebab kemiskinan. Kemudian bagaimana itu bisa terjadi, bagaimana memecahkan masalah di situ," kata Risma dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Politikus PDIP ini menuturkan, nantinya para mahasiswa dibekali dana untuk menjalankan program di masyarakat. Juga diajarkan merancang kampanye digital untuk mengatasi masalah yang ada.

Sehingga mahasiswa bisa memetakan masalah, identifikasi dan alternatif solusi, menyusun formulasi untuk solusi yang ada, dan merencanakan sumber daya dan capaiannya, serta pengerahan peran serta elemen masyarakat.

"Lokasinya itu di daerah-daerah pascabencana. Kita tahu saat bencana terjadi seluruh resources di masyarakat habis semua, even itu bencana yang tidak mengakibatkan korban kematian," kata Risma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ke Daerah Miskin

Risma juga menuturkan, nantinya mahasiswa juga bisa terjun ke sejumlah daerah kantung-kantung kemiskinan, serta komunitas adat terpencil (KAT).

Pihaknya mengaku telah menyiapkan beberapa wilayah bagi program tersebut.

"Namun kalau ada yang lain, kami mempersilakan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.