Sukses

Jokowi: Kita Akan Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Prokes dan Vaksinasi Jadi Kunci

Jokowi mengingatkan masyarakat untuk terus memakai masker dan mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 agar terhindar dari penyebaran virus Corona. Terlebih, masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 door to door atau dari pintu ke pintu di Desa Emplasmen Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Kamis (16/9/2021).

"Nantinya kita akan mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid. Artinya, protokol kesehatan menjadi kunci, vaksinasi menjadi kunci," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan masyarakat untuk terus memakai masker dan mengikuti program vaksinasi Covid-19. Jokowi menyebut vaksin akan membuat masyarakat terlindungi dan terproteksi dari virus corona.

"Ini akan memberikan perlindungan kepada masyarakat memberikan proteksi kepada masysarakat. Sehingga, nntinya masyarakat segera bisa beraktivitas secara normal," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pemerintah mulai mempersiapkan transisi dari pandemi ke endemi. Dia menyadari bahwa Covid-19 tak akan hilang sehingga mau tak mau masyarakat harus bisa hidup berdampingan dengan virus corona.

"Kita tau, Covid ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu, kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19," tutur Jokowi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta di Kabupaten Bantul, Jumat 10 September 2021.

"Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euphoria yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan," sambungnya.

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena penyebaran Covid-19 masih terjadi, meski kasus virus Corona kini sudah melandai. Khususnya, disiplin memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Kita masyarakat harus sadar bahwa covid selalu mengintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.