Sukses

Seluruh Faskes di Jakarta Layani Semua Jenis Vaksin Covid-19 per 16 September 2021

Dinkes DKI mengatakan mulai hari ini, 16 September 2021, layanan vaksinasi jenis Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menetapkan semua jenis vaksin Covid-19 telah tersedia di semua fasilitas kesehatan atau faskes hingga sentra vaksinasi di Ibu Kota.

Adapun vaksin yang dimaksud mulai dari jenis vaksin Sinovac, Astra Zenecca, Moderna, dan Pfizer.

"Mulai hari ini, layanan vaksinasi jenis Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di Jakarta. Untuk jenis Moderna, bisa disuntikkan bagi WNI KTP seluruh Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Lalu untuk jenis Pfizer hanya dilayani di RS Vertikal atau milik Kementerian Kesehatan dan faskes di bawah naungan Kementerian Kesehatan, serta faskes TNI/Polri. Lokasi tersebut juga bisa menyuntikkan untuk WNI KTP seluruh Indonesia.

"Faskes di luar itu, hanya bisa menyuntikkan Pfizer bagi WNI ber-KTP DKI Jakarta dan domisili di Jakarta," ucapnya.

Widyastuti menyatakan vaksin Pfizer diberikan untuk sasaran usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Sedangkan untuk vaksin Moderna untuk sasaran usia 18 tahun ke atas dan ibu hamil.

"Orang dengan immunocompromised, seperti penyakit komorbid berat, penyakit autoimun, pasien dalam terapi imunosupresan harus sesuai dengan rekomendasi dokter. Puskesmas akan melakukan koordinasi dengan RSUD apabila dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut pada calon peserta vaksin sesuai dengan indikasi medis," papar Widyastuti.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Buka di Hari Libur

Widyastuti menambahkan bahwa Puskesmas dan RSUD membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 pada hari libur, Sabtu, dan Minggu. Bahkan waktu operasional nya pun bervariasi, pagi ataupun malam hari.

"Kami akan melakukan penyisiran untuk mengejar capaian dosis 1 dan 2 bagi sasaran remaja, pendidik, tenaga kependidikan, masyarakat rentan," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.