Sukses

Nadiem Sebut Orang Tua Berhak Menentukan Anaknya Pilih PTM Terbatas atau PJJ

Nadiem Makarim mengingatkan, vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga pendidikan adalah syarat buat dibukanya PTM Terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mengingatkan, vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga pendidikan buat syarat dibukanya PTM Terbatas.

"Vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan bukan syarat PTM terbatas. Jika sekolah berada di wilayah PPKM level 1 sampai 3, PTM terbatas dapat dilaksanakan. Apalagi jika pendidik dan tenaga kependidikan di suatu sekolah sudah divaksinasi, sekolah wajib memberikan opsi PTM terbatas dan PJJ (pembelajaran jarak jauh)," kata dia dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Dia menuturkan, orang tua berhak menjadi penentu metode pembelajaran bagi anaknya. baik itu PTM Terbatas atau PJJ.

"Orang tua tetap berhak menjadi penentu metode pembelajaran terbaik bagi anaknya,” tegas Nadiem dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Dia menjelaskan, sampai saat ini, baru 40 persen satuan pendidikan di daerah dengan PPKM level 1, 2, dan 3, yang telah menyelenggarakan PTM terbatas. Angka tersebut menjadi sebuah perbedaan yang besar, di mana ada 95 persen satuan pendidikan yang sebenarnya bisa menjalankan PTM terbatas.

Terlepas adanya advokasi dari empat kementerian dan Satgas Covid-19 nasional, kendala terbesar pelaksanaan PTM terbatas kata Nadiem adalah belum diberikannya izin oleh Pemda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

108.000 Sekolah

Sebelumnya, Nadiem menyebut setidaknya sudah ada 108 ribu sekolah di seluruh Indonesia yang telah menyelenggarakan PTM Terbatas.

"Di seluruh Indonesia, sekarang sudah ada lebih dari 108.000 sekolah yang melakukan PTM Terbatas," kata dia dalam akun Instagram pribadinya, dikutip Rabu (15/9/2021).

Dalam unggahannya, Nadiem juga mengungkap bahwa hampir seluruh sekolah yang berada di daerah dengan level PPKM 1-3 telah siap menjalankan Asesmen Nasional (AN) yang bakal mulai digelar pada Minggu ke-4 bulan ini.

"Dan 95% sekolah di kawasan PPKM level 1 sampai 3 sudah dapat melakukan Asesmen Nasional," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.