Sukses

Sukses Digelar, Rumah Digital Indonesia Masih Bisa Diakses

Beberapa waktu lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung hadirnya Rumah Digital Indonesia (RDI). Ya, RDI hadir pertama kali sebagai bagian dari perayaan Bulan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus 2021

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung hadirnya Rumah Digital Indonesia (RDI). Ya, RDI hadir pertama kali sebagai bagian dari perayaan Bulan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus 2021

Kabar baiknya, RDI yang merupakan festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar ini, masih bisa diakses lho! Itu karena, RDI berhasil menarik perhatian dan antusiasme masyarakat tinggi hingga hari ini.

Ya, di www.rumahdigitalindonesia.id kamu bisa melihat beragam konten menarik seputar Indonesia. Adapun tujuh spot yang masih bisa diakses yaitu sebagai berikut:

Panggung Nasional

Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana berlangsung puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan rangkaian acara. Meski perayaan HUT RI sudah berakhir, namun area ini masih bisa diakses.

Area Lomba 17-an

Di sini, para pengunjung bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

Ruang Seni dan Budaya

Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum. Mulai dari tarian nuansa nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi dan syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah dan nasional.

Ruang Komunitas

Dalam ruang ini, pengunjung bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen “Cerita Kemerdekaan”. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

Pasar Lokal

Tak ketinggalan, ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa. RDI juga memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk bertransaksi jual beli yang diikuti oleh 616 UMKM dari 34 provinsi di Indonesia.

Ruang Literasi Digital

Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Ya, berbagai konten menarik di tiap tempatnya, dipastikan akan membuat kita semakin bangga dengan keberagaman Indonesia. Yuk, terus kunjungi Rumah Digital Indonesia dan temukan berbagai keseruannya di sini. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini