Sukses

1 Juta Warga Kota Tangerang Sudah Divaksinasi Covid-19

Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang sudah hampir 70 persen dari target.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengklaim, bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya telah mencapai 1 juta orang.

Diketahui, sebanyak 1.595.875 dosis vaksin covid-19 telah disuntikkan di Kota Tangerang dengan rincian 1.003.460 orang menerima dosis satu atau 67,8 persen, dan 592.415 orang menerima dosis dua atau 40,0 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni menyatakan bahwa program bulan vaksinasi yang menyisir warga hingga di tingkat RW cukup efektif mempercepat capaian imunisasi.

Capaian vaksinasi selama program tersebut di Kota Tangerang rata-rata di angka 25 ribu dosis per hari dan tertinggi 40 ribu dosis per hari.

“Hingga saat ini bulan vaksinasi Tangerang sudah berlangsung sembilan hari. Capaian vaksinasi itu bertambah 193.512 jiwa pada dosis satu dan 52.925 jiwa pada dosis dua. Program ini akan kita teruskan hingga akhir September. Kemungkinan, program ini akan kita perpanjang hingga vaksinasi selesai, karena dinilai efektif,” ungkap dr Dini, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/9/2021).

Dia juga menjelaskan, capaian vaksinasi kategori rentan yaitu lansia saat ini juga sudah kian maksimal. Tercatat saat ini sudah 74.302 lansia tervaksinasi dosis satu dan 59.507 lansia tervaksinasi dosis lengkap.

“Capaian ini berkat usaha optimal dan gotong royong semua pihak. Mulai dari petugas kesehatan, ketersediaan dosis hingga antusias masyarakat yang terus meningkat. Terlebih, adanya bantuan dibukanya gerai-gerai vaksinasi baru dari TNI dan Polri di sejumlah titik pusat keramaian,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir 70 Persen dari Target

Kata dr Dini, secara persentasi herd immunity memang terbentuk jika sudah dosis lengkap. Namun, Pemkot Tangerang secara beriringan terus mengejar kedua dosis tersebut. Saat ini, tinggal 2,2 persen lagi capaian vaksinasi Kota Tangerang mencapai 70 persen dari target.

Dia juga mengimbau, seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19.

“Dengan itu ayo jangan kendor segera ikuti vaksinasi. Sedangkan yang sudah divaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.