Sukses

Pemprov DKI Siapkan Rp 140 Miliar untuk Atlet Peraih Medali di PON XX Papua

Firdaus menegaskan hadiah yang nantinya diberikan tidak beda jauh dengan yang didapat saat PON ke-19 di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus menyatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran sebagai bentuk apresiasi atau bonus untuk atlet peraih medali di PON Papua.

"Kami ada apresiasi kepada mereka yang berprestasi. Pemprov DKI siapkan kurang lebih hampir Rp 140 miliar," kata Firdaus di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (15/9/2021).

Kendati begitu, dia tidak menyatakan detail besaran bonus yang akan diberikan kepada para atlet. Firdaus menegaskan hadiah yang nantinya diberikan tidak beda jauh dengan yang didapat saat PON ke-19 di Jawa Barat.

"Kalau enggak salah bahkan ada penambahan (besaran hadiah yang diterima)," jelas dia.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis melepas keberangkatan kontingen yang terdiri dari para atlet, pelatih, hingga official menuju kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua, pada 2-15 Oktober 2021.

Anies mengingatkan agar para atlet dapat kembali merebut juara umum. Sedangkan berdasarkan statistik yang ada DKI seringkali berada di papan atas kejuaran PON.

"Sebelumnya kita biasa berada di papan atas hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya. Insya Allah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. Hal ini karena, DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum, dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Sudah Matang

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut persiapan atlet DKI Jakarta telah matang. Mulai dari fisik dan mental. Dia juga menyatakan banyak harapan dan kebahagiaan yang disematkan kepada para atlet.

"Tolong titipkan di pundak Anda terkait harapan itu. Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda, lakukan yang terbaik, berikan sepenuh hati, sepenuh tenaga untuk bisa menang, sekaligus jaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga," ucap dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.