VIDEO: Taifo Mahmud: Sejak Kecil Sudah Berhubungan dengan Obat

Oleh Liputan6 pada 09 Des 2012, 13:09 WIB
Diperbarui 09 Des 2012, 13:09 WIB
sosok-obat121209b.jpg
Perbesar
Seorang peneliti muda asal Indonesia, Taifo Mahmud kini sukses menjadi peneliti andalan di Oregon State University, Amerika Serikat. Doktor asal Langsa, Aceh Timur ini, khusus meneliti penyakit-penyakit tropis yang diharapkan bisa berguna di Tanah Air.

"Orangtua saya bekerja sebagai pengusaha di bisang kesehatan, dan pengurus di Poliklinik Veteran di Langsa, Aceh TImur. Jadi saya sejak kecil sudah terbiasa berhubungan dengan obat-obatan. Jadi kita berkolaborasi dengan peneliti dari IPB. Kita meneliti bakteri-bakteri yang diisolasi dari unit ekosistem air hitam di Kalimantan," kata Taifo Mahmud, di Amerika Serikat, Minggu (9/12/2012).

"Kita tumbuhkan bakteri-bakteri dan kita isolasi. Kemudian, kita tes aktivitasnya dalam melawan bakteri atau kuman-kuman penyakit," lanjutnya.

Menurutnya, banyak perusahaan farmasi yang menghentikan penelitian obat-obatan karena dari segi komersial kurang menguntungkan dan menarik. Karena mereka tidak bisa menjual obat-obatan tersebut dengan harga tinggi.

"Dalam bidang penelitian ini lebih enak dan aturannya lebih jelas. Kuncinya adalah dengan kerja keras. Daripada berangan-angan terlalu tinggi, tapi tidak melakukan apa-apa. Lebih baik melakukan apa yang bisa dilakukan saat ini dengan sangat serius, Insya Allah kesempatan itu akan terbuka," jelasnya. (Frd)