Sukses

TMII Mulai Buka Tiga Anjungan Wisata, Ini Syarat Masuknya

TMII menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang mulai beroperasi saat PPKM level 3.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mulai menguji coba pembukaan tempat wisata selama perpanjangan PPKM di Jawa-Bali 14-20 September 2021. Tempat wisata yang mulai diizinkan beroperasi hanya yang berada di daerah dengan PPKM Level 3-2.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur menjadi salah satu tempat wisata yang telah membuka sejumlah fasilitas wisatanya untuk umum.

Humas TMII, Novera Mayang Sari mengatakan, pihaknya baru mengizinkan pembukaan anjungan wisata yang berbasis luar ruangan atau outdoor.

"Belum semua (dibuka), anjungan-anjungan seperti museum yang indoor itu kan belum buka. Jadi baru area outdoor aja buat orang olahraga sama taman burung, taman reptil, itu udah buka," ujar Mayang saat ditemui Liputan6.com di lokasi, Rabu (15/9/2021).

Mayang menerangkan ada tiga anjungan yang telah menerima pengunjung, yakni Taman Legenda, Taman Burung, dan Taman Reptil. Pembukaan sudah dilakukan sejak 20 Agustus lalu.

Pembukaan juga dilakukan masih secara terbatas. "Khususnya buat orang olahraga sih sebenarnya," ujarnya.

Mayang menyatakan, manajemen TMII masih menunggu perintah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka anjungan lain. Utamanya anjungan yang berada di dalam ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Masuk TMII

Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi pengunjung untuk bisa masuk ke area TMII. Menurut Mayang, mereka mesti menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 baik yang fisik maupun yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

"Namun pada tanggal 17 (September) nanti kita akan mulai uji coba menggunakan aplikasi PeduliLindungi saja," jelas Mayang.

Pengunjung yang belum divaksin otomatis tak diperbolehkan masuk. Termasuk anak-anak yang berada di usai kurang dari 12 tahun.

Mayang menuturkan, pihaknya memastikan untuk menjaga para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, dan lainnya.

"Ada petugas atau Satgas Covid dari kami yang akan mengingatkan jika ada pengunjung yang abai prokes," jelasnya.

Selian itu, kata Mayang terdapat pengeras suara yang diletakkan di sejumlah sudut TMII untuk mengingatkan pengunjung supaya mematuhi prokes.

Mayang menuturkan, TMII mulai buka pukul 06:00-18:00 WIB. Di hari kerja jumlah pengunjung tak sampai melebihi seribu orang per hari. Sementara saat akhir pekan jumlahnya bisa melonjak mencapai 5 sampai 7 ribu per harinya.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, Rabu siang, 15 September 2021, tempat wisata itu masih tampak sepi. Di anjungan yang sudah dibuka, seperti Taman Legenda hanya didapati pengunjung yang hanya bisa dihitung menggunakan jari.

Sementara Anjungan Museum Indonesia yang tak jauh dari gerbang utama TMII tampak masih ditutup lantaran berada di dalam ruangan.

Untuk kantin, TMII sendiri telah membuka kantin di sana. Namun untuk mencegahan penyebaran Covid-19, pengelola menata tempat duduk sedemikian rupa agar tetap menjaga jarak.

Kantin pun terlihat masih sepi pengunjung. Hanya ada beberapa pengunjung di depan kantin yang tampak tengah berolahraga.

Di banyak titik, pengelola juga telah menyediakan fasilitas mencuci tangan menggunakan drum air yang dimodifikasi sedemikan rupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.