Sukses

Jokowi: Mahasiswa Sekarang Ini Harus Paham Semua Bidang

Jokowi meminta agar mahasiswa tidak perlu pindah prodi atau jurusan untuk mengejar ketidakpastian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap agar mahasiswa bisa memahami seluruh bidang. Mulai dari matemarika, statistika, komputer, bahasa inggris hingga bahasa coding komputer, sehingga bisa bisa menghadapi adanya perubahan zaman yang sangat cepat terlebih karena pandemi Covid-19.

"Menurut saya sekarang ini mahasiswa harus paham semuanya, paham matematika, paham statistika, paham komputer, paham ilmu komputer, paham bahasa, dan bahasa itu bukan bahasa inggris saja. Ke depan bahasa coding, hati-hati mengenai ini. Perubahan ini sangat cepat sekali karena pandemi, lebih cepat lagi karena pandemi," kata Jokowi saat memberikan arahan dalam pertemuan majelis rektor perguruan tinggi Indonesia dalam siaran Yuotube Sekretariat Presiden, Selasa (14/9/2021).

Mantan Wali Kota Solo tersebut pun meminta agar mahasiswa tidak perlu pindah prodi atau jurusan untuk mengejar ketidakpastian. Solusinya yang diberikan para rektor yaitu memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengambil kuliah sesuai talenta mereka.

"Ini yang harus kita fasilitasi, perbanyak mata kuliah pilihan, baik di dalam kampus maupun di luar kampus," bebernya.

Dia menjelaskan saat ini sedang dihadapkan pada transisi perubahan besar dunia. Sebab itu seluruh pihak harus mengantisipasi, sehingga dia meminta agar mahasiswa bisa diberikan kemerdekaan untuk belajar.

"Berikan mahasiswa kemerdekaan untuk belajar, belajar kepada siapa saja, belajar kepada praktisi, kepada industri, karena sebagian besar mahasiswa nanti akan menjadi praktisi," ungkap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Mendikbudristek

Sementara itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang menjadi pembicara dalam pertemuan ini mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden, para rektor harus terus memberikan dukungan untuk bersama-sama mendorong transformasi pendidikan perguruan tinggi.

"Merdeka Belajar Kampus Merdeka bukan perubahan yang kecil, ini perubahan yang besar. Dengan harapan bisa mengejar ketertinggalan dan bahkan lompat melampaui negara-negara maju," ujarnya.

Adanya dukungan dan masukannya terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Mendikbudristek mengatakan,"Terima kasih dukungan luar biasa dari Bapak dan Ibu Rektor. Terima kasih sudah mau repot di masa yang menantang ini demi anak-anak kita."

Turut hadir mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Rektor Universitas Sebelas Maret selaku Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.