Sukses

Melihat Persiapan 3 Tempat Wisata Jakarta yang Akan Uji Coba Pembukaan

Di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 14-20 September 2021, pemerintah memperbolehkan sejumlah tempat wisata kembali beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 14-20 September 2021, pemerintah memperbolehkan sejumlah tempat wisata kembali beroperasi.

Disampaikan Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan, terdapat tiga tempat wisata di Ibu Kota yang diizinkan menggelar uji coba pembukaan saat PPKM Level 3.

"Jadinya (yang ikut uji coba pembukaan tempat wisata) TMII, Ancol, sama Setu Babakan," kata Iffan saat dihubungi, Selasa (14/9/2021).

Dan hari ini, Selasa (14/9/2021), Taman Impian Jaya Ancol mulai kembali membuka Dunia Fantasi (Dufan), kawasan pantai hingga penginapan.

Namun pengunjung yang datang hanya untuk mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama.

"Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali melayani pengunjungnya yang akan berekreasi mulai Selasa, 14 September 2021, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali dalam keterangan tertulis, Senin 13 September 2021.

Kemudian, Kepala Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Adi Widodo menyatakan, rencana uji coba pembukaan tempat wisata di TMII dilakukan pada 17 September 2021.

Berikut melihat persiapan tiga tempat wisata yang melakukan uji coba pembukaan di masa PPKM Level 3 Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ancol

Taman Impian Jaya Ancol akan kembali membuka Dunia Fantasi (Dufan), kawasan pantai hingga penginapan mulai hari ini, Selasa (14/9/2021).

Pengunjung yang datang hanya untuk mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama.

"Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali melayani pengunjungnya yang akan berekreasi mulai Selasa, 14 September 2021, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali dalam keterangan tertulis, Senin 13 September 2021.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari peningkatan protokol kesehatan berbasis CHSE dari Kemenparekraf hingga integrasi aplikasi PeduliLindungi.

Karena hal itu, dia meminta masyarakat dapat menyiapkan sejumlah hal sebelum datang ke Ancol.

Yakni, mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan memastikan bahwa pengunjung sudah dalam kondisi sehat sebelum melakukan rekreasi. Lalu pembeli tiket dilakukan secara online.

Kemudian, menunjukan bukti pembelian tiket secara online kepada petugas di gerbang Ancol sekaligus melakukan proses check in di aplikasi PeduliLindungi.

"Tidak diizinkan untuk berenang di Pantai dan wajib mematuhi seluruh peraturan yang ada didalam kawasan wisata Ancol," ucap Sahir.

Selain itu, Sahir juga meminta pengunjung dapat tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Mulai penggunaan masker, menjaga jarak, tetap menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air dan sabun serta tidak membuat kerumunan.

"Kami berharap proses uji coba dibukanya kawasan rekreasi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang sudah rindu liburan di Taman Impian Jaya Ancol. Untuk itu marilah kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik agar aktivitas liburan menjadi aman dan menyenangkan," jelas dia.

 

3 dari 5 halaman

2. TMII

Kepala Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Adi Widodo menyatakan rencana uji coba pembukaan tempat wisata di TMII dilakukan pada 17 September 2021.

TMII merupakan salah satu dari 20 tempat wisata yang direkomendasikan untuk uji coba saat pelaksanaan PPKM level 3.

"Uji coba akan dilakukan tanggal 17 September setelah selesai proses penilaian CHSE. Sejak tanggal 13-16 September sedang dilakukan penilaian untuk mendapatkan sertifikat CHSE dari Kemenparekraf," kata Adi saat dihubungi, Selasa (14/9/2021).

Lanjut dia, TMII sudah memiliki sertifikat CHSE namun saat ini sedang dievaluasi yang dilakukan setiap tahunnya dan nantinya dapat diperpanjang.

Nantinya, kata Adi, saat uji coba berlangsung pengunjung harus menaati protokol kesehatan yang ada.

Lalu, anak di bawah umur 12 tahun dilarang mengunjungi TMII. Pengunjung juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Kapasitas yang diizinkan 25 persen, hingga dapat menampung 15 ribu pengunjung," ucapnya.

Sedangkan untuk tiket dapat diakses pengunjung secara online atau di loket yang disediakan. Kemudian Adi menyatakan belum semua wahana dibuka untuk pengunjung.

"Yang dibuka saat ini taman burung, taman reptilian komodo dan kereta gantung. Anjungan daerah hanya sebatas halaman, untuk rumah adat belum dibuka," jelas dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Setu Babakan

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta akan melakukan uji coba operasional Setu Babakan seperti halnya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta Iffan mengatakan, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sudah mendapatkan barcode PeduliLindungi sebagai syarat utama operasional tempat wisata pada masa PPKM.

"Namun saat ini belum ada kepastian kapan uji coba akan dilaksanakan di sana, karena saat ini masih dalam persiapan untuk uji coba pembukaan dan penggunaan barcode," kata Iffan saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/9/2021).

 

(Cindy Violeta Layan)

5 dari 5 halaman

Ancaman Klaster Covid-19 di Lokasi Wisata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.