Sukses

5 Fakta Jakarta International Stadium yang Akan Dibuka Desember 2021

JIS merupakan stadion berstandar internasional, berstandar FIFA dengan konsep Green Building level Platinum Grade berkapasitas 82.000 penonton dengan atap buka-tutup.

Liputan6.com, Jakarta Stadion sepak bola akan bertambah lagi di DKI Jakarta. Dengan menggandeng PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di kawasan Jakarta Utara itu akan segera diresmikan di akhir 2021 nanti. 

Rencana akan dibuat sebuah stadion sepak bola di Jakarta telah dimulai sejak tahun 2009 lalu. Tak cuma sekedar untuk penyaluran hobi, stadion baru tersebut diharapkan dapat menjadi pusat pariwisata dan digelar berbagai event internasional.

Pembangunan JIS sekaligus bertujuan untuk mendorong pembangunan fisik serta meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kawasan Jakarta Utara.

Lantas, hal apa saja yang nantinya dapat dinikmati warga Ibu Kota di lahan seluas 23 hektare tersebut? 

Berikut kabar terbaru dari pembangunan Jakarta International Stadium di kawasan utara Ibu Kota yang rencananya akan diresmikan Desember mendatang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Latar Belakang Dibutuhkannya Stadion

Pasca konversi Stadion Lebak Bulus menjadi stasiun MRT,J akarta telah merencanakan pembangunan stadion sepak bola di Jakarta sejak tahun 2009.

Tidak hanya sebagai stadion bagi warga Ibu Kota, dibangunnya JIS diharapkan dapat menjadi pusat pariwisata baru berskala internasional yang akan meningkatkan perekonomian kawasan sekitar.

Untuk diketahui JIS dibangun sebagai stadion multi-event bertaraf internasional yang berpihak pada seluruh masyarakat serta mendukung visi kota yang liveable dan berkelanjutan.

3 dari 6 halaman

2. Harapan Dibangunnya Kawasan JIS

Jakarta Utara yang ditunjuk sebagai lokasi pembangunan JIS merupakan kawasan dengan jumlah penduduk miskin kedua tertinggi di Jakarta. Pada tahun 2019 dilaporkan ada sekitar 91 ribu warga.

Untuk itu, Pemprov DKI akarta terus mendorong pemerataan pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi di area ini.

Pembangunan JIS juga diharapkan dapat menjadi atraksi sekaligus langkah awal untuk meregenerasi Kawasan Jakarta Utara. Di antaranya melalui penyediaan+13.000 m2 ruang usaha, +1.300 hunian dengan 238 hunian terjangkau, 14.000 m2r uang terbuka, dan 5.700 m2 fasilitas olah raga publik.

Kedepannya dengan dilakukan regenerasi kawasan ini akan memberikan layanan publik yang memadai, dan secara progresif berdampak kepada lingkungan sekitar dan kualitas hidup masyarakat setempat.

4 dari 6 halaman

3. Daya Tampung dan Kecanggihan JIS

JIS merupakan stadion berstandar internasional, berstandar FIFA dengan konsep Green Building level Platinum Grade. Stadion ini berkapasitas 82.000 penonton dengan atap buka-tutup(retractable roof), fasilitas sky viewing deck dan rumput hybrid pertama diIndonesia.

Penyelenggaraan JIS ditugaskan kepada PT Jakpro agar dapat dikelola secara profesional. Dimana AD-ART PT Jakpro dapat membangun dan mengelola stadion sebagai salah satu properti kota dan telah memiliki portfolio dalam membangun dan mengelolasarana olahraga skala internasional, yaitu Velodrome dan Equestrian (Asian Games 2018).

5 dari 6 halaman

4. Anggaran

Pembangunan JIS membutuhkan pendanaan sebesar 4,5 Tdengan sumber pendanaan seluruhnya melalui melalui APBD (Penyertaan Modal Daerah). Sedangkan pengelolaan fasilitas akan dikelola oleh PT Jakpro dengan sumber pendanaan lain.

Dalam rangka pemenuhan pendanaan pembangunan JIS, Pemprov DKI Jakarta memproses pendanaan, dengan rincian:

Pada 2019 terpenuhi Rp 900 miliar dari total kebutuhan sebesar 1,7 triliun

Pada 2020 terpenuhi Rp 1,182 triliun dari total kebutuhan tahun 2020 sebesar 2,5 triliun. 

Kemudia pada 2021 teranggarkan Rp 2,464 triliun untuk memenuhi seluruh kebutuhan pendanaan. Namun, saat ini masih menunggu proses pencairan dana PEN.

Pendanaan tahun 2020 dan 2021 didukung pinjaman daerah PEN Pemerintah Pusat. 

6 dari 6 halaman

5. Progres Pembangunan

Saat ini pembangunan JIS (minggu ke-105) telah terealisasi sebesar 69,85%. Memberdayakan lebih dari 2,400 tenaga kerja, JIS rencananya akan diresmikan pada Desember 2021.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi dan berkolaborasi untuk mengaktivasidan bahkan meregenerasi kota Jakarta melalui kawasan JIS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.