Sukses

4 Reaksi Megawati Soekarnoputri Saat Diisukan Sakit

Megawati Soekarnoputri mengaku heran kepada pihak-pihak yang menebar hoaks atau berita bohong terkait dirinya yang tengah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjawab semua kabar miring terkait kondisinya yang diisukan tengah sakit.

Saat membuka Sekolah Partai Pendidikan untuk Kader Madya yang dihelat secara virtual, Megawati mengaku sehat.

"Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apa pun. Terima kasih atas perhatian dan doanya," kata Megawati melalui saluran YouTube PDIP, Jumat, 10 September kemarin.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun bahkan sempat menyindir penyebar hoaks dengan menyebut Megawati tengah tersenyum cantik.

"Kita bisa melihat, ini Ibu Megawati dalam keadaan sehat walafiat. Ibu tersenyum begitu cantik, memberikan semangat kita semuanya," kata Hasto, Jumat.

Sebelumnya, kabar yang mengatakan Megawati Soekarnoputri sedang sakit beredar di media sosial, Rabu, 8 September kemarin. Dalam ciutan tersebut dijelaskan bahwa Ketua Umum PDIP tersebut tengah terbaring sakit di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta.

Dan sebagai bentuk klarifikasi Megawati terkait berita hoaks yang beredar, dia pun hadir secara virtual saat membuka Sekolah Partai pendidikan untuk Kader Madya DPP PDIP.

Berikut sederet tanggapan Megawati Soekarnoputri menjawab isu hoaks yang menyebutnya sedang sakit: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Senyum Semringah

Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan kegiatan Sekolah Partai Pendidikan untuk Kader Madya partainya yang dilakukan secara hybrid, pada Jumat, 10 September kemarin. 

Diketahui, Presiden RI Kelima itu dikabarkan tengah sakit. Dalam pertemuan itu, dia pun menegaskan bahwa dirinya dalam kondisi sehat walafiat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Youtube PDIP, Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jakarta.

Presiden ke-5 RI itu tampak memakai baju berwarna merah khas partainya. Turut mendampingi dua kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu, Olly Dondokambey dan Eriko Sotarduga.

Sementara di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, ada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, kemudian pengurus partai seperti Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjibtaning, Komaruddin Watubun, Hamka Haq, Sadarestu, dan Sukur Nababan, serta para peserta.

Wajah Megawati segar dan semringah. Dia sering melempar senyum.

"Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apa pun. Terima kasih atas perhatian dan doa'nya," kata Megawati melalui saluran YouTube.

3 dari 5 halaman

2. Heran Diisukan Sakit

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) ini juga mengaku heran kepada pihak-pihak yang menebar hoaks atau berita bohong terkait dirinya yang tengah sakit. Dia menegaskan saat ini dalam kondisi sehat dan masih aktif menjalankan tugas sebagai Ketum PDIP.

"Saya sendiri sampai berpikir kok ada saja ya orang," ucap Megawati sebagaimana ditayangkan di Youtube PDI Perjuangan, Jumat.

Bahkan, kata dia, ada mantan menterinya yang mengirimkan gambar seolah-olah sosok Megawati tengah terbaring sakit di Rumah Sakit. Mantan menteri ini pun meminta sekretaris Megawati agar kondisi Presiden ke-5 RI itu tak ditutup-tutupi.

"Saya bilang sama sekretaris saya kamu ndak usah ngamuk-ngamuk lah. Biarkan sajalah orang. Sampai saya bilang, kita ini kan ada yang punya serahkan saja sama yang punya, kalau mereka sendiri mungkin lupa sampai bisa membuat hoaks yang sangat mengarah kepada kita. Kalau menurut saya sesuatu berlebihan," jelasnya.

4 dari 5 halaman

3. Tetap Aktif

Megawati menceritakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun sampai jengkel mendengar kabar hoaks yang beredar. Oleh sebab itulah, Megawati diminta tampil di media untuk membuktikan ke publik bahwa dirinya dalam kondisi sehat dan tak sakit.

"Alhamdulillah saudara sekalian, anak-anakku, dan termasuk rekan-rekan pers yang juga banyak menanyakan kondisi saya beberapa hari lalu. Makanya saya disuruh mejeng ya beginilah saya masih tetap aktif," ujar Megawati.

Kendati begitu, dia menyampaikan terima kasih atas doa baik dan perhatian yang diberikan masyarakat kepadanya. Megawati pun sempat terisak saat menyampaikan hal tersebut.

"Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apa pun. Terima kasih atas perhatian dan doanya," kata dia.

5 dari 5 halaman

4. Minta Sekretaris Tidak Tutup-tutupi

Putri Bung Karno ini sempat bernada parau, merasa heran kepada pihak-pihak yang menyebarkan hoaks terkait dirinya sakit dan dirawat di RS.

"Saya sendiri sampai berpikir, kok ada saja orang. Tadi pagi saja, sampai ada gambar dari salah seorang tadinya menteri saya sampai menanyakan ke sekretaris saya sampai mengatakan jangan ditutup-tutupi. Ini saya dapat dari teman saya. Seperti seorang yang terbaring di rumah sakit tapi ditutup," tutur Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • PDIP