Sukses

Top 3 News: Respons Mereka Usai Bupati Banjarnegara Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Usai Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan gratifikasi dan korupsi di pemkab setempat, belakangan muncul kekhawatiran adanya konflik horizontal yang akan timbul antara pendukung Budhi dan yang kontra.

Pengasuh Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara KH M Chamzah Hasan mengatakan, apabila masing-masing pendukung tak bisa menahan diri dikhawatirkan akan timbul konflik yang lebih luas.

Sementara itu, tokoh akademisi setempat menyikapi penetapan tersangka Bupati Banjarnegara dinilai sangat mungkin menimbulkan potensi konflik. Mengingat masing-masing memiliki pendukung yang tidak sedikit. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, 7 September 2021.

Berita terpopuler lainnya terkait gempa bumi yang menggoyang sejumlah wilayah di Tanah Air, pada Selasa, 7 September kemarin.

Gempa magnitudo 4,7 di Provinsi Lampung dilaporkan BMKG terjadi pada pukul 09:49:56 WIB. Lindu berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan gempa kedua dan ketiga terjadi di Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan  Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. 

Menurut catatan BMKG, gempa magnitudo 3 yang getarkan Ende, guncangannnya terasa hingga skala II MMI di wilayah Ende.

Sementara, gempa magnitudo 4,6 di Bolango, getatarnnya dirasakan hingga Ampana dan Luwuk dalam skala II-III MMI, lalu Toli dan Banggai Laut dalam skala II MMI.

Bencana alam yang terjadi di Tanah Air, juga melanda wilayah Bogor, Jawa Barat. Bahkan jembatan yang menghubungkan kedua desa runtuh dan terbawa arus kibat tak kuat menahan derasnya banjir bandang yang datang.

Untuk diketahui, banjir bandang di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor terjadi pada Senin malam, 6 September 2021.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 7 September 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 5 Tanggapan Berbagai Pihak soal Penahanan Bupati Banjarnegara oleh KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (BS) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi, pada Jumat malam 3 September 2021.

Saat ini, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono bersama pihak swasta Kedy Afandi yang merupakan orang kepercayaan Bupati, tengah menjalani penyidikan dan ditahan selama 20 hari oleh KPK.

Terkait penetapan tersangka dan penahanan Budhi, sejumlah pihak pun angkat bicara. Salah satunya tokoh masyarakat di Banjarnegara.

Mereka meminta agar masyarakat menahan diri dan menghindari konflik horizontal, pascapenetapan status tersangka terhadap Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono oleh KPK.

Pihak yang mendukung Bupati Banjarnegara dan yang kontra untuk tidak saling mengejek sehingga menimbulkan konflik horizontal.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 3 Wilayah Indonesia Diguncang Gempa pada Selasa 7 September 2021

Gempa hari ini, Selasa (7/9/2021) kembali mengguncang Indonesia. Hingga pukul 21.00 WIB, tercatat ada tiga kali lindu yang menggetarkan Tanah Air.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya  www.bmkg.go.id melaporkan, gempa pertama terjadi di wilayah Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Lindu tersebut terjadi pada pukul 09:49:56 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,7 dan berada di kedalaman 10 kilometer.

"Pusat gempa berada di laut, 140 km Barat Daya Pesisir Barat," papar BMKG.

Kemudian gempa kedua menggetarkan wilayah Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 12:13:52 WIB. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Penampakan Jembatan Roboh di Bogor Usai Diterjang Banjir Bandang, Akses Warga Terputus

 Jembatan penghubung Desa Urug, Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor runtuh setelah diterjang banjir bandang. Akses warga sekitar terutama petani di sekitar terganggu.

Jembatan sepanjang 40 meter dengan lebar 3 meter itu sebagian roboh kemudian hanyut terbawa arus banjir bandang pada Senin malam (6/9/2021).

Akses jembatan yang biasa digunakan warga terputus total. Biasanya, petani memanfaatkan jembatan itu untuk membawa hasil panen di lahan sekitar lokasi menuju Pasar Leuwiliang. Jembatan itu juga sekaligus akses bagi warga yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Nanggung dengan Kecamatan Sukajaya, khususnya Desa Urug.

Kepala Desa Urug Sukarma mengatakan, jembatan sepanjang 40 meter itu patah dan roboh akibat hujan deras yang mengguyur Senin sore. Kuatnya aliran Sungai Cidurian menggerus tiang penyangga jembatan.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.