Sukses

Polda Metro Tangkap Komplotan Penipu Catut Nama Baim Wong

Polda Metro Jaya menangkap kompolotan penipu yang mencatut nama artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven.

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya menangkap kompolotan penipu yang mencatut nama artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven dengan modus memberikan hadiah atau give away melalui SMS.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, hal ini lantaran menerima laporan dari seorang wanita berinisal AL.

"Modusnya menggunakan SMS blast ke nomot-nomor yang tidak dikenal secara acak. Nanti kalau kita merespon dan masuk ke akun yang diarahkan itu akan minta transfer dan lain-lain," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (7/9/2021).

Menurut dia, ada dua kelompok yang melakukan penipuan tersebut. Kelompok pertama berinial W dan BU yang tugasnya mengirimkan pesan tersebut. Keduanya telah ditangkap juga.

"BU lakukan percakapan lewat WhatsApp dengan korban. BU mengaku dari pihak bank kemudian buat struk transfer palsu," kata Yusri.

Sementara, kelompok lainnya, ini dipimpin oleh seorang berinisial J, yang mengatur anak buahnya, DA, E, AAR, MR, A, RT dan T, yang melakukan modus serupa.

"Jadi ada 8 diamankan dari wilayah sama yakni Sulsel," jelas Yusri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Mudah Percaya

Yusri menyebut, keuntungan yang diperoleh para pelaku dalam menjalankan bisnis tipu-tipu cukup besar. "Rp 400 ribu paling kecil sampai Rp 10 juta perhari," ujar dia.

Karena itu, Yusri meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan adanya pesan-pesan tersebut.

"Tolong masyarakat jangan mau percaya apabila ada sms diterima apabila menang hadiah baik itu perorangan instansi korporat itu semua tidak benar," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.