Sukses

Jokowi: 17 Bendungan Telah dan Akan Diselesaikan 2021, Produktivitas Petani Bakal Meningkat

Dari total 17 bendungan, pemerintah sudah meresmikan hampir setengahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan menyelesaikan pembangunan 17 bendungan di tahun 2021. Menurut dia, kehadiran 17 bendungan di Indonesia ini akan meningkatkan produktivitas para petani.

"Sekali lagi, di 2021 telah dan akan diselesaikan 17 bendungan. Artinya, produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan pasokan air dan kita harapkan akan meningkatkan produktivitas petani-petani kita," jelas Jokowi saat meresmikan Bendungan Bendo di Jawa Timur seperti dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Dari total 17 bendungan, pemerintah sudah meresmikan hampir setengahnya. Adapun bendungan yang telah rampung dan difungsikan yakni, Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Napun Gette di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketiga bendungan itu diresmikan Jokowi pada Februari 2021. Kemudian, Bendungan Sindang Heula di Banten diresmikan pada Maret 2021 dan Bendungan Kuningan diresmikan pada 31 Agustus 2021.

"Bendungan Way Sekampung di Lampung yang awal September kemarin sudah kita resmikan dan sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur (diresmikan)," kata Jokowi.

Sementara itu, 10 bendungan yang akan diselesaikan pada tahun ini antara lain, Bendungan Passeloreng di Sulawesi Selatan. Jokowi menargetkan bendungan ini bisa diresmikan pada pekan ini.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Bendungan Diresmikan Desember 2021

Selanjutnya, Bendungan Karalloe Sulawesi Selatan, Bendungan Bintang Bano Nusa Tenggara Barat, dan Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara akan diresmikan pada Oktober 2021. Sedangkan, di bendungan di Jawa Barat bakal difungsikan pada November 2021.

"Bendungan Ciawi bulan November di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi juga di Jawa Barat bulan Novemeber," ucap Jokowi.

Terakhir, empat bendungan dijadwalkan diresmikan pada akhir tahun atau Desember 2021. Keempat bendungan tersebut yaitu, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bendungan Pidekso di Jawa Tengah, dan Bendungam Margatiga di Lampung.

Sebagai informasi, Bendungan Bendo di Jawa Timur yang diresmikan pada Selasa hari ini memiliki kapasitas hingga 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektare. Bendungan yang dikerjakan sejak 2013 ini memakan biaya Rp 1,1 triliun.

Dia menyampaikan bendungan setinggi 74 meter ini mampu menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah petani. Tak hanya itu, Jokowi mengatakan bendungan ini dapat mereduksi banjir sebesar 31 persen.

"Ini akan meneydiakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasukan air baku 370 liter per detik serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir sebesar 31 persen atau 117 meter kubik per detik," tutur Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.