Sukses

Kapolri Tinjau Vaksinasi Merdeka di Rumah Ibadah dan Ponpes se-Indonesia

Kapolri Listyo mengatakan, Vaksinasi Merdeka merupakan strategi yang dilakukan TNI-Polri demi akselerasi atau percepatan terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau kegiatan Vaksinasi Merdeka di rumah ibadah dan pondok pesantren secara serentak di seluruh Indonesia. Total ada 341 titik tempat ibadah dan pondok pesantren.

Jokowi dan Listyo menyapa langsung secara virtual pelaksanaan Vaksinasi Merdeka rumah ibadah dan ponpes di Jawa Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Vaksinasi Merdeka pada hari ini melibatkan rumah ibadah dan pondok pesantren dengan sasaran masyarakat umum, lansia, jemaat, santri, pengasuh pondok pesantren, dan pengurus rumah ibadah di 341 titik dengan total sasaran 346.688 orang," tutur Listyo di Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Listyo mengatakan, Vaksinasi Merdeka merupakan strategi yang dilakukan TNI-Polri demi akselerasi atau percepatan terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembagian bansos dari Presiden Jokowi kepada warga paling terdampak Covid-19 dari sisi perekonomiannya.

"Dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak dan peserta program vaksinasi sejumlah 60.341 paket sembako dan 88 ton beras," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejar vaksinasi 100 persen untuk dosis kedua

Listyo memastikan, TNI-Polri akan terus menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan vaksinasi 100 persen hingga dosis kedua. Hal tersebut merupakan wujud implementasi dari langkah-langkah dan kebijakan luar biasa yang diambil oleh pemerintah demi keselamatan masyarakat.

"Selain itu, pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah juga bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pencegahan penularan Covid-19," Listyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.