Sukses

Animo Meningkat, BRI Umumkan 40 Desa Sebagai Pemenang Desa BRILIAN 2021 Batch 2

Total ada 40 Desa yang menjadi pemenang Desa BRILIAN 2021 Batch 2 dengan 15 desa diantaranya merupakan pemenang utama Desa BRILIAN 2021.

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Program Desa BRILIAN 2021 Batch 2 berlangsung menarik dan ketat. Begitu banyaknya desa yang berpartisipasi dan memiliki inovasi serta kontribusi terhadap perekonomian masyarakat desa, membuat BRI bersama bumdes.id serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI sepakat untuk menambah pemenang Desa BRILIAN 2021 Batch 2.

Total ada 40 Desa yang menjadi pemenang Desa BRILIAN 2021 Batch 2 dengan 15 desa diantaranya merupakan pemenang utama Desa BRILIAN 2021 yang mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan sebesar Rp 20 juta dan pendampingan selama 3 bulan oleh BRI. Sementara 25 desa pemenang lain memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 5 Juta.

Acara Penganugerahan Pemenang Desa BRILian 2021 Batch-2 ini digelar secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan Channel Youtube. Lewat penganugerahan tersebut BRI berupaya mendorong inovasi berkelanjutan bagi Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

 

Dalam sambutannya, Executive Vice President of Social Entrepreneurship & Incubator Division Bank BRI, Endah Nurhayati mengatakan BRI sebagai bank yang fokus terhadap UMKM, merasa sangat bangga dan bahagia dapat hadir bersama-sama para kepala desa yang menjadi pilar ekonomi dan menggerakkan ekonomi daerah dengan segala potensinya.

"Bank BRI memiliki program pemberdayaan masyarakat. Semua ini kami bangun menjadi satu kesatuan untuk memberikan makna Indonesia yang sesungguhnya. Masyarakat desa merupakan pilar penting ekonomi, baik itu dari Pemerintah Desa, BUMDes, maupun para pelaku UMKM-nya. Kami senantiasa terbuka untuk dapat melengkapi menjadi satu kesatuan dari program-program desa dengan berbagai produk layanan yang ada," ujar Endah.

Lebih lanjut, Endah mengatakan bahwa sudah ketiga kalinya BRI menggelar program BRILIAN. Diawali tahun 2020, dari 531 desa dengan kategori tangguh dan inovatif terpilihlah 10 Desa sebagai Pemenang Desa BRILIAN 2020. Kemudian di tahun 2021 batch pertama, juga dipilih 10 desa yang menjadi Desa BRILIAN.

"Animo rekan-rekan kepala desa di tahun 2021 ini meningkat pesat. Pesertanya menjadi sekitar 2.000 desa yang ikut mendaftarkan menjadi kandidat Desa BRILIAN," imbuhnya.

Pada batch kedua, terpilih 40 Desa BRILian sebagai pemenang dari 420 desa kandidat dengan 15 desa sebagai pemenang utama Desa BRILIAN 2021 Batch 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penilaian Desa BRILIAN 2021 Batch 2

Founder bumdes.id, Rudy Suryanto menjelaskan metode penilaian Desa BRILIAN 2021 sepenuhnya dilakukan secara online. Hal ini yang sedikit membedakan dengan gelaran Desa BRILIAN 2020 lalu.

Penilaian Desa BRILIAN 2021 Batch 2 ini meliputi 4 hal utama. Pertama, BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, salah satunya dalam memanfaatkan dana desa untuk kegiatan produktif. Kedua, Digitalisasi yang terimplementasikan di desa, termasuk keuangan digital dan pemanfaatan produk-produk digital BRI (BRILINK, Web Pasar, Stroberi)

Ketiga, dalam hal inovasi. Desa yang kreatif dalam memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Keempat, Sustainbility yakni desa tangguh yang mampu secara berkesinambungan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sektor unggulan desanya.

Tidak hanya inovasi dalam hal ekonomi, pemenang Desa BRILIAN 2021 Batch 2 ini, kata Rudy juga memiliki penilian tinggi atas inovasi yang berhubungan lingkungan, budaya, dan sosial.

"Dari inovasi lingkungan, budaya, dan sosial itu, kemudian kami memutuskan untuk memilih 15 pemenang utama Desa BRILIAN 2021 Batch 2.

Selain itu, mengadopsi journey dari Desa BRILIAN 2020 dan 2021 (Batch 1), penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada desa yang memiliki improvement sangat tinggi sehingga masuk kategori 40 Desa BRILIAN 2021 Batch 2.

3 dari 3 halaman

Berikut 15 Pemenang Utama Desa BRILian 2021 Batch-2:

1. Desa Kemudo Kec.Prambanan Kab. Klaten Prov. Jawa Tengah

2. Desa Keditan Kec. Ngablak Kab. Magelang Prov. Jawa Tengah

3. Desa Bhuana Jaya Kec. Tenggarong  Seberang Kab. Kutai  Kartanegara Prov. Kalimantan Timur

4. Desa Sugihwaras Kec. Candi Kab. Sidoarjo Prov. Jawa Timur 

5. Desa Sanankerto Kec. Turen Kab. Malang Prov. Jawa Timur

6. Desa Maria Kec. Wawo Kab. Bima Prov. Nusa Tenggara Barat

7. Desa Siman Kec. Kepung Kab Kediri Prov. Jawa Timur

8. Desa Cibuntu Kec. Pasawahan Kab Kuningan Prov. Jawa Barat

9. Desa Sukajaya Kec. Sukabumi Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat

10. Desa Selur Kec. Ngrayun Kab. Ponorogo Prov. Jawa Timur

11. Desa Bekiung Kec. Kuala Kab. Langkat Prov. Sumatera Utara

12. Desa Gadungan Kec. Puncu Kab Kediri Prov. Jawa Timur

13. Desa Bontolangkasa Selatan Kec. Bontonompo Kab. Gowa Prov. Sulawesi Selatan

14. Desa Serang Kec. Karangreja Kab. Purbalingga Prov. Jawa Tengah

15. Desa Mojodelik Kec. Gayam Kab. Bojonegoro Prov. Jawa Timur

Untuk Desa BRILian peringkat 1-15 akan mendapatkan reward berupa uang pembinaan sebesar Rp20juta dan pendampingan selama 3 bulan oleh BRI. Sedangkan Desa BRILian di peringkat 16-40 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Berikut pemenang Desa BRILian lainnya (urutan 16-40):

16. Desa Sukatani Kec. Cilawu Kab. Garut Prov. Jawa Barat

17. Desa Mekar Jaya Kec. Sebangau Kuala Kab. Pulang Pisau Prov. Kalimantan Tengah

18. Desa Tanjung Medan Kec. Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu Prov. Riau

19. Desa Taruma Jaya Kec. Kertasari Kab. Bandung Prov. Jawa Barat

20. Desa Kucur Kec. Dau Kab. Malang Prov Jawa Timur

21. Desa Bumirejo Kec. Landah Kab. Kulon Progo Prov. Yogyakarta

22. Desa Mekarwangi Kec. Cihurik Kab. Garut. Prov. Jawa Barat

23. Desa Munggangsari Kec. Grabag Kab. Purworejo Prov. Jawa Tengah

24. Desa Sukatani Kec. Pacet Kab. Cianjur Prov. Jawa Barat

25. Desa Cikadu Kec. Cibeber Kab. Lebak Prov. Banten

26. Desa Pasiran Kec. Bantan Kab. Bengkalis Prov. Riau

27. Desa Ketam Putih Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis Prov. Riau

28. Desa Lembar Selatan Kec. Lembar Kab. Lombok Barat Prov Nusa Tenggara Barat

29. Desa Sukorejo Kec. Gandusari Kab. Trenggalek Prov. Jawa Timur

30. Desa Samba Danum Kec. Katingan Tengah Kab. Katingan Prov. Kalimantan Tengah

31. Desa Wirirejo Kec. Pandak Kab. Bantul Prov Yogyakarta

32. Desa Krisik Kec. Gandusari Kab. Blitar Prov. Jawa Timur

33. Desa Bontomanai Kec. Bungaya Kab. Gowa Prov. Sulawesi Selatan

34. Desa Karanggandu Kec. Watulimo Kab. Trenggalek Prov. Jawa Timur

35. Desa Senggigi Kec. Batu Layar Kab. Lombok Barat Prov. Nusa Tenggara Barat

36. Desa Doplang Kec. Bawen Kab. Semarang Prov. Jawa Tengah

37. Desa Guguak Kuranji Hilir Kec. Sungai Limau Kab Padang Pariaman Prov. Sumatera Barat

38. Desa Bejalen Kec. Ambarawa Kab Semarang Prov. Jawa Tengah

39. Desa Kacaribu Kec. Kabanjahe Kab. Karo Prov. Sumatera Utara

40. Desa Toddotoa Kec. Palangga Kab. Gowa Prov. Sulawesi Selatan

"Selamat kepada para pemenang, kami bangga bisa berinteraksi dan mendamping para pemenang. Kepada yang belum menjadi pemenang, ini hanyalah kesempatan yang tertunda karena peluang masih banyak dan kami siap mendamping,” Endah Nurhayati.

Dikatakan oleh Endah membangun ekosistem desa tidak bisa sendirian melainkan harus bersama-sama. Dengan arahan kepala desa dan perangkat desa yang luar biasa tentunya Indonesia ini di masa pandemi ini tetap siap berlari.

“Jadikan pandemi dalam persepsi positif, ini adalah kelas akselerasi. Marilah kita perbaiki dan berusaha naik lebih tinggi untuk bisa bermakna bagi Indonesia," ujar Endah Nurhayati.

"Kepada seluruh pemenang maupun belum berkesempatan menang mari kita bangun Indonesia ini untuk menjadi tangguh mulai dari diri sendiri dan masyarakat desa," tutup Endah Nurhayati.

Dan melihat antusiasme desa dalam mengikuti kegiatan Desa BRilian. BRI akan mengadakan kembali Program Desa Brilian 2021 Batch 3 yang rencananya akan dimulai pada bulan September 2021 ini. Dan diharapkan bagi desa yang memiliki komitmen untuk berpartisipasi agar dapat segera mendaftarkan diri melalui BRI Unit terdekat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.