Sukses

Polda Metro Jaya Kurangi Personel yang Berjaga di Ganjil-Genap, Ini Alasannya

Polisi hanya akan berjaga di Jalan Budaran Senayan, Jalan Semanggi, Jalan Patung Kuda, dan Jalan Simpang Mampang, serta Jalan Imam Bonjol.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengurangi jumlah anggota yang berjaga di ruas jalan ganjil-genap pada saat PPKM level 3 di DKI Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut, anggota tidak lagi ditempatkan di akses masuk ganjil-genap seperti sebelumnya.

Polisi hanya akan berjaga di Jalan Budaran Senayan, Jalan Semanggi, Jalan Patung Kuda, dan Jalan Simpang Mampang, serta Jalan Imam Bonjol.

"Kami hanya memasang anggota di Bundaran Senayan, kemudian di Semanggi, kemudian di Bundaran patung Kuda. Kalau Rasuna Said kami pasang di Simpang Mampang di bawah layang kemudian sama di Jalan Imam Bonjol samping KPU," ujar dia di Polda Metro Jaya, Senin (6/9/2021).

Namun demikian, Sambodo menambahkan, rambu tetap dipasang di lokasi.

"Jadi yang mencoba untuk melanggar kami akan lakukan penindakan dengan tilang melalui ETLE atau secara manual," ujar dia.

Sambodo menilai, masyarakat telah memahami adanya kebijakan ganjil-genap pada masa PPKM Level 3 di DKI Jakarta. Hal itulah yang menjadi alasan utama jumlah anggota dikurangi.

Terbukti, jumlah pelanggar ganjil-genap di tiga kawasan berkurang setiap harinya. Sambodo menyebut, pada hari pertama pelanggar ganjil-genap sekira 49,64 persen kemudian naik sekira 70 persen dan terus menurun.

"Ya saya pikir pertama dari sisi sosialisasi ini kan sudah berjalan cukup lama jadi saya pikir masyarakat sudah cukup paham," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Menghemat Energi

Di samping itu, Sambodo mengatakan, pengurangan anggota juga bertujuan untuk menghemat energi. Sehingga, mereka akan ditempatkan di lokasi-lokasi crowd free night.

"Tenaga yang tadinya kita tempatkan untuk berjaga saat siang akan kita gunakan untuk malam libur dan weekend untuk berjaga di empat lokasi yang akan kita laksanakan crowd free night," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.