Sukses

Tito Minta Masyarakat Tetap Waspada Meski Kasus Covid-19 Menurun

Muhammad Tito Karnavian mewanti-wanti dan meminta masyarakat untuk tak terlena dengan penurunan kasus harian Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mewanti-wanti dan meminta masyarakat untuk tak terlena dengan penurunan kasus harian Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam kunjungan ke Bangka Belitung. Menurutnya, masyarakat tetap waspada dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami datang ke Bangka Belitung, kita melihat bahwa dari sisi tren nasional Babel relatif menurun, baik angka konfirmasi, angka kasus aktif, perbaikan pada penurunan angka BOR, kemudian juga angka kematian yang menurun," kata Tito dalam keterangan persnya, Jumat (3/9/2021).

Kewaspadaan dan sabuk pengaman protokol kesehatan masyarakat harus kian dikencangkan.

Pasalnya, hingga saat ini masyarakat masih berdampingan dengan Covid-19 dan mutasinya yang menghasilkan varian Delta. Bahkan varian Delta ini disebut-sebut lebih cepat menular daripada virus asalnya karena kemampuan replikasi dan transmisinya yang lebih cepat daripada strain lain.

"Kita menyambut gembira tentunya semua perkembangan yang baik ini, dan ini juga sama, di tingkat nasional juga demikian. Namun kita perlu waspadai, jangan terlena karena kita berhadapan dengan varian Delta," kata Tito.

Ia juga menyebutkan, akibat Covid-19 varian Delta ini, tren peningkatan kasus penularan hampir terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Namun, kata Tito, Indonesia patut bersyukur. Sebab, dengan kebijakan pemerintah yang diangga tepat seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan zonasi dan level wilayah, ditambah lagi dengan kebijakan vaksinasi, perbaikan perawatan, dan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik.

Hasilnya, kasus penularan Covid-19 mengalami tren penurunan. "Dengan langkah-langkah PPKM dan lain-lain, protokol kesehatan, perbaikan perawatan, alhamdulillah trennya menurun," kata Tito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Skenario Buruk

Tito menambahkan, kewaspadaan dalam menghadapi skenario terburuk, termasuk menghadapi varian Delta ini agar disikapi dengan serius.

Dari hasil diskusi dengan kepala daerah, dirinya meminta setiap daerah untuk tetap waspada. Karena itu, dirinya mengimbau agar penerapan protokol kesehatan dilaksanakan secara konsisten, di samping upaya percepatan vaksinasi di daerah.

"Jangan pernah berhenti, terutama pakai masker, kemudian juga mendeteksi kerumunan-kerumunan, bekerja sama dengan semua pihak agar kerumunan yang berpotensi penularan itu dapat dikurangi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.