Sukses

Permukaan Tanah Jakarta Turun, Air Hujan di Bundaran HI Tak Bisa Mengalir ke Laut

Kadis SDA DKI menyebut, Jakarta terancam tenggelam salah satunya lantaran air akibat hujan atau luapan sungai yang tidak bisa mengalir ke laut mengikuti gravitasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faisal menyatakan, terdapat sejumlah ancaman yang dapat mengakibatkan Ibu Kota tenggelam.

Salah satunya akibat adanya genangan air dari hujan ataupun luapan sungai di Jakarta yang tidak dapat mengalir ke laut mengikuti gravitasi.

Kata dia, hal tersebut disebabkan kondisi permukaan di pesisir dan tengah Jakarta yang sama-sama sudah menurun.

"Misalnya turun hujan di Bundaran HI, itu tidak bisa langsung gravitasi ke laut. Harus dikirim dulu ke Waduk Melati dan dipompa ke laut dari kanal barat," kata Yusmada dalam diskusi virtual, Kamis (2/9/2021).

Yusmada menyebut, kondisi di Jakarta tidak bisa lagi mengandalkan gravitasi, karena berada di bawah permukaan laut. Karena hal itu, pihaknya melakukan sejumlah strategi antisipasi banjir di Jakarta.

"Untuk itu kita butuh dinormalkan (lagi) aliran air melalui sistem-sistem polder, Waduk Pluit di tengah, nanti bagaimana di timur, di barat itu," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prediksi Jakarta Tenggelam

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, prediksi NASA bahwa Jakarta akan tenggelam dijadikan sebagai peringatan tanda bahaya.

Menurut Anies, prediksi Jakarta tenggelam dilatarbelakangi sejumlah faktor. Tak hanya karena naiknya permukaan air laut seperti yang disampaikan dalam pidato Presiden Amerika, Joe Biden.

"Tapi juga penurunan muka tanah. Ada studi dilakukan menunjukan penurunan tanah terjadi di hampir seluruh wilayah di Jakarta," kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (10/8/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu penurunan permukaan tanah tidak hanya terjadi di Jakarta Utara. Namun peristiwa tersebut juga terjadi di wilayah Jakarta Selatan.

3 dari 3 halaman

Infografis Antisipasi Prediksi Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.