Sukses

5 Fakta soal Limbah Medis Berserakan di Jalanan Kota Bekasi

Ratusan limbah medis berserakan ditemukan pada Jumat sore 27 Agustus 2021 di lapangan dekat Pasar Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan limbah medis berserakan ditemukan pada Jumat sore 27 Agustus 2021 di lapangan dekat Pasar Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Limbah medis tersebut diduga sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut sontak menimbulkan keresahan warga sekitar.

"Kayaknya memang sengaja dibuang di situ. Jadi bikin resah, karena kan dekat permukiman warga," kata warga sekitar, Aan Irwansyah, Sabtu 28 Agustus 2021.

Namun belakangan diketahui, limbah medis itu merupakan sampah bekas suntikan hewan yang berasal dari toko hewan (pet shop).

Kabar tersebut disampaikan Lurah Harapan Jaya Mohamad Soleh.

Berikut fakta-fakta terkait penemuan ratusan limbah medis berserakan di lapangan dekat Pasar Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ditemukan Warga Melintas

Ratusan limbah medis bekas pakai berserakan di lapangan dekat Pasar Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat 27 Agustus 2021 sore. Diduga limbah medis itu sengaja dibuang oknum tak bertanggung jawab.

Limbah medis yang terdiri dari ratusan jarum suntik, botol vaksin, sarung tangan dan masker itu ditemukan oleh warga yang melintas, Jumat 27 Agustus 2021 sore. Hal ini sontak menimbulkan keresahan warga sekitar.

"Kayaknya memang sengaja dibuang di situ. Jadi bikin resah, karena kan dekat permukiman warga," kata warga sekitar, Aan Irwansyah, Sabtu 28 Agustus 2021.

 

3 dari 6 halaman

Dilaporkan ke Polisi, Diduga Bukan Limbah RS

Penemuan limbah medis tersebut kemudian dilaporkan warga ke Polsek Bekasi Utara. Petugas yang datang langsung membersihkan dan mengevakuasi limbah tersebut dari lokasi.

Sementara Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menduga limbah medis tersebut berasal dari klinik hewan yang berada di sekitaran lokasi.

"Bukan limbah medis dari rumah sakit, tapi dari klinik pet (hewan)," ungkap pria yang karib disapa Pepen ini.

 

4 dari 6 halaman

Akan Berikan Efek Jera, Polisi Lakukan Penyelidikan

Pepen mengaku pihaknya tengah mencari tahu oknum dibalik pembuangan limbah medis yang sudah meresahkan warga tersebut.

"Kalau ketahuan orangnya, kita akan berikan shock therapy untuk efek jera," ucap Pepen.

Pihaknya juga telah melaporkan kasus ini ke pihak berwenang agar segera ditindaklanjuti, dan pelaku bisa segera ditangkap.

"Sudah dilaporkan ke Polsek Bekasi Utara," tegas Pepen.

Saat ini kasus masih dalam penyelidikan Polsek Bekasi Utara untuk mengetahui lebih detail terkait limbah medis yang dibuang tersebut.

 

5 dari 6 halaman

Limbah Dipastikan dari Toko Hewan

Lurah Harapan Jaya Mohamad Soleh memastikan, limbah medis yang dibuang di lapangan Jalan Telaga Bening, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, merupakan sampah bekas suntikan hewan yang berasal dari toko hewan (pet shop).

Kepastian ini diperoleh Soleh berdasarkan hasil pemeriksaan pihak terkait terhadap limbah medis yang ditemukan di lokasi.

"Pada saat Babinsa dan Bimaspol mengecek ke lokasi, ternyata itu adalah bekas suntikan untuk hewan peliharaan dari sebuah pet shop, karena ditemukan adanya bekas kaleng cairan suntikan khusus hewan," ujar Soleh, Minggu 29 Agustus 2021.

 

6 dari 6 halaman

Lokasi Sudah Kembali Bersih

Dengan adanya hasil pemeriksaan tersebut, Soleh berharap warga sekitar tak perlu lagi merasa resah dan khawatir.

Terlebih, kata dia, lokasi penemuan limbah itu sudah benar-benar bersih dari sampah medis.

"Karena sebelumnya warga khawatir itu adalah bekas suntikan vaksin dan takut disalahgunakan orang lain yang tidak bertanggung jawab," papar Soleh.

Soleh mengatakan, seluruh sampah medis tersebut dibersihkan usai dilaporkan warga setempat. Pembersihan dilakukan oleh petugas Babinsa dan Bimaspol, yang dibantu warga sekitar.

"Sampah bekas suntikan hewan tersebut langsung dibawa ke Polsek Bekasi Utara," tegas dia.

Soleh menambahkan, saat ini lokasi pembuangan limbah medis sudah bersih seperti sediakala, sehingga warga bisa beraktivitas tanpa rasa khawatir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.