Sukses

Kapolri Dorong Wilayah Papua Akselerasi Vaksinasi Massal Covid-19 Jelang PON XX

Menurut Listyo Sigit, akselerasi vaksinasi Covid-19 secara massal demi mempercepat target pemerintah dalam mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan pengarahan terkait persiapan PON ke-XX Papua kepada Forkopimda Kabupaten Mimika.

Listyo memerintahkan jajarannya untuk membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk melakukan akselerasi vaksinasi massal. Hal tersebut demi mempercepat target pemerintah dalam mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19.

Listyo mengaku akan menyiapkan tempat vaksin di sekolah-sekolah untuk menyasar target siswa dan orangtua murid. Kemudian di tempat-tempat ibadah untuk para masyarakat, juga secara pintu ke pintu sampai ke distrik atau kampung.

"Untuk mengurangi risiko penularan dan kematian akibat Covid-19, TNI-Polri bersama Pemda terus melakukan akselerasi vaksinasi. Untuk mencapai target tersebut diperlukan sinergisitas TNI-Polri dan Pemda serta seluruh elemen masyarakat. Dalam menyiapkan strategi vaksinasi di antaranya, serbuan vaksinasi, gerai vaksinasi, vaksinasi mobile, dan door to door, ketika stok vaksin datang dalam jumlah besar," tutur Listyo di Papua, Sabtu (28/8/2021).

Selain itu, Kapolri juga mendorong Forkopimda Mimika untuk ketat dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19, yakni prokes ketat 3M atau memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, dan penguatan 3T yaitu tracing, testing dan treatment

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan Sosialisasi dan Edukasi

Forkopimda Mimika juga diminta untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mau menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat atau isoter yang telah disediakan. Menurutnya, masyarakat yang terpapar Covid-19 akan lebih baik ditangani oleh fasilitas yang memadai.

"Tetap lebih diutamakan isolasi atau karantina di isoter karena di bawah pengawasan tenaga medis," jelas dia.

Lebih lanjut, Listyo menegaskan bahwa pelaksanaan PON ke-XX Papua dapat membangkitkan roda perekonomian masyarakat setempat. Sebab itu, faktor kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 harus terus diperkuat.

"PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua semakin maju dan modern, masyarakat sehat sejahtera," Listyo menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.