Sukses

Top 3 News: Jokowi Diminta PKS Pilih Panglima TNI yang Sedikit Kesalahan di Masa Lalu

Anggota Komisi I DPR, Sukamta meminta Presiden Jokowi agar lebih cermat dan hati-hari dalam memilih calon panglima penggangi Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tak lama lagi akan segera memasuki masa pensiun. Siapa sosok penggantinya, sempat ada dua nama kuat yang muncul kepermukaan, yaitu KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Siapa pun orangnya yang nanti akan menggantikan Hadi Tjahjanto, belum lama ini anggota Komisi I DPR, Sukamta meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar lebih cermat dan hati-hari dalam memilih calon panglima. 

Politikus PKS tersebut juga meminta Presiden memilih nama pengganti Hadi Tjahjanto yang paling sedikit kesalahan di masa lalunya. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Jumat, 27 Agustus 2021.

Berita terpopuler lainnya terkait deretan gempa yang getarkan sejumlah wilayah di Indonesia. Paa Jumat, 27 Agustus kemarin, BMKG melaporkan ada tiga wilayah yang diguncang gempa.

Gempa di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), dan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa di Kepulauan Sangihe terjadi Jumat sore, tepatnya pukul 17:22:20 WIB dengan magnitudo 6,1.

Saat gempa terjadi, guncangannya terasa  dalam skala III MMI di Tahuna. Pusat gempa berada di laut.

Sementara itu, upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk selalu mengingatkan warganya patuh dan tertib memakai masker hingga kini terus disuarakan. Salah satunya dengan menggalakkan Operasi Tertib Masker (Tibmask).

Tak sedikit warga Ibu Kota yang masih kedapatan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Seperti yang terjadi di Jalan Salemba Raya dan Jalan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sebagai sanksi sosial, mereka harus menyapu jalan selama 30 menit.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 27 Agustus 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. PKS Minta Jokowi Pilih Panglima TNI yang Sedikit Kesalahannya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diminta memilih nama yang paling sedikit memiliki kesalahan di masa lalu sebagai pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadi bakal memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang.

"Mudah-mudahan Presiden juga mempertimbangkan semua itu dengan hati-hati, cermat dan tepat. Kami berharap kalau semua calon panglima memiliki kemampuan yang sama, paling tidak ya yang paling sedikit kesalahannya," kata anggota Komisi I DPR, Sukamta kepada Liputan6.com, Jumat (27/8/2021).

Hingga kini, Presiden Jokowi belum bersurat dengan DPR terkait usulan nama pengganti Panglima TNI. Sukamta pun mengaku dirinya tidak mengetahui kapan tepatnya presiden bakal menyetor nama pengganti Hadi Tjahjanto untuk menjabat Panglima TNI.

Menurutnya, bisa saja Jokowi memperpanjang masa jabatan Hadi. "Belum tahu. Bisa juga diperpanjang. Tergantung presidenlah," ucap anggota Fraksi PKS DPR RI itu.

Sukamta mengatakan, panglima baru diharapkan mampu menghadapi situasi sulit yang tengah dihadapi negara.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Getarkan 3 Wilayah Indonesia Jumat 28 Agustus 2021

Gempa kembali menggetarkan Indonesia hari ini, Jumat (27/8/2021). Hingga pukul 20.15 WIB, ada tiga lindu yang terjadi di Nusantara. 

Dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi di wilayah Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Lindu terjadi pada pukul 09:05:08 WIB berkekuatan magnitudo 3,1 dengan kedalaman 1 kilometer. Saat gempa terjadi, getarannya terasa hingga Takengon dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity). 

Gempa berikutnya getarkan Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) pada pukul 17:22:20 WIB. Ada pun getarannya dirasakan dalam skala III MMI di Tahuna. 

"Pusat gempa berada di laut 271 km barat laut - Tahuna," ungkap BMKG di laman resminya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tak Pakai Masker, Puluhan Warga di Senen dan Pasar Rebo Disanksi Menyapu Jalan

Sebanyak 81 warga terjaring Operasi Tertib Masker (Tibmask) oleh petugas Satpol PP Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP Kecamatan Senen, E Sunaryo mengatakan, operasi Tibmask digelar di lima ruas jalan yakni Kramat Kwitang I Kelurahan Kwitang, Jalan Salemba Raya depan Pasar Paseban Kelurahan Paseban, Jalan Kembang Sepatu dan Jalan Sentiong Kelurahan Kramat serta Jalan Stasiun Pasar Senen Kelurahan Senen.

"Sebanyak 81 warga tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah terjaring operasi tertib masker," ujar Sunaryo, Jumat (27/8/2021).

Ia menjelaskan, puluhan warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dikenakan sanksi kerja sosial.

"Pelanggar dikenakan sanksi menyapu jalanan selama 30 menit. Kami juga menyosialisasikan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," jelasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.