Sukses

Kisah Haru Hasim & Sukir Ketika Terima Bantuan #SemangatSalingBantu dari Astra

Di usianya yang semakin renta, Hasim dan Sukir hanya bisa berharap agar kondisi pandemi Covid-19 segera berlalu dan perekonomian bisa kembali pulih.

Liputan6.com, Jakarta Warga Rawajati, Jakarta Selatan, Hasim yang berusia 63 tahun mungkin tidak pernah menyangka saat penglihatannya mulai kabur dimakan usia, ia kini terpaksa harus kehilangan satu-satunya mata pencaharian. Semua berawal sejak ia dan istrinya, Radinem (60 tahun), terinfeksi COVID-19 beberapa bulan lalu.

Sejak mereka berdua dinyatakan positif COVID-19, Hasim, yang sehari-harinya menyambung hidup dengan berjualan gas LPG berukuran tiga kilogram di rumah, terpaksa harus menutup kios kecilnya agar dia dapat melakukan isolasi mandiri bersama istrinya.

Hari demi hari berlalu, walaupun kondisi kesehatan mereka sudah mulai pulih, tetapi permintaan terhadap tabung gas yang mereka jual tidak kunjung pulih. Kini, pada usianya yang semakin renta, mereka hanya bisa berharap agar kondisi sulit ini bisa segera berlalu sembari menunggu bantuan masyarakat sekitar dan pemerintah.

Serupa, di tengah upaya pemerintah dan tenaga kesehatan dalam memerangi kasus angka kematian akibat COVID-19, Sukir (67 tahun), yang merupakan warga Sunter Jaya, Jakarta Utara, dan istrinya Sarmi (53 tahun) terpaksa harus dirawat di rumah sakit karena kondisinya kritis setelah terjangkit COVID-19. Selama satu bulan penuh menjalani rawat inap di rumah sakit, pasangan ini, terpaksa harus rela kehilangan upah harian yang biasa mereka peroleh dari hasil kepengurusan bank sampah.

Saat Sukir dan Sarmi berada dalam masa perawatan, Timbul Arianto sebagai tokoh penggerak KBA Sunter Jaya mengajak seluruh warga sekitar untuk mengulurkan tangan kepada mereka, mulai dari makanan, vitamin, serta berbagai dukungan lain tidak putus berdatangan selama mereka menjalani perawatan dan isolasi.

“Menurut warga, kita semua adalah satu bagian, sehingga memberikan pesan semangat dan sigap dalam mengulurkan tangan pada masa pandemi ini menjadi hal yang perlu dilakukan dalam membantu sesama,” ungkap penggerak KBA Sunter Jaya Timbul Arianto.

Beruntung, budaya gotong-royong yang sudah tertanam sejak dulu dan semakin kuat dengan adanya bantuan dari Gerakan Semangat Saling Bantu agar antarwarga lebih peduli dan saling menolong saat ada warga yang membutuhkan bantuan.

Hasim dan Sukir merupakan penerima bantuan berupa paket bahan pokok yang diserahkan oleh Nurani Astra ke berbagai wilayah di Indonesia. Paket bantuan yang ditujukan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi ini diharapkan dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama beberapa waktu ke depan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Dari 45.000 Paket Bantuan

Hingga kini, Astra secara bertahap telah menyerahkan lebih dari 45.000 paket bantuan yang terdiri dari 30.000 paket berupa makanan siap saji bagi pengemudi ojek online dan lebih dari 15.000 bantuan berupa bahan pokok makanan ke wilayah Jabodetabek diantaranya melalui 35 KBA.

“Kami selalu berupaya untuk saling bahu-membahu menyalurkan bantuan ke berbagai wilayah di Indonesia melalui jaringan yang dimiliki oleh Astra bagi masyarakat yang terdampak pandemi karena solidaritas menjadi hal penting yang dibutuhkan dalam menghadapi masa pandemi ini,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Bantuan tersebut merupakan rangkaian dari penyerahan bantuan hasil konversi aktivasi gerakan #SemangatSalingBantu di media sosial yang diluncurkan Astra sejak 2 Agustus 2021 seiring dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Secara bertahap, Astra terus menyalurkan bantuan berupa paket bahan makanan pokok ke 34 provinsi di seluruh Indonesia, yang dibantu oleh Grup Astra melalui 31 Koordinator Wilayah Grup Astra dan berbagai Komunitas Astra yang terdiri dari penggerak Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards serta Yayasan Amaliah Astra.

Seiring dengan berbagai penyerahan berbagai bantuan itu, Astra melalui gerakan #SemangatSalingBantu mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengunggah konten yang berisi pesan semangat pada masa pandemi ini atau informasi bantuan yang dapat diberikan kepada mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan disertai tagar #SemangatSalingBantu dan mention salah satu akun @satu_indonesia di Instagram, atau TikTok atau Twitter, atau Semangat Astra Terpadu di Facebook.

Setiap satu konten yang diunggah di media sosial akan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan berupa makanan atau bahan makanan pokok bagi kebutuhan pasien COVID19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Semangat Astra dalam turut mendukung mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh melalui gerakan #SemangatSalingBantu adalah sejalan dengan Sustainable Development Goals dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini