Sukses

Polisi Buru Perempuan yang Ikut Copet Ponsel Selebgram di Mal Jakbar

Seorang selebgram bernama Vanessa Valencia menjadi korban pencopetan saat berada di mal kawasan Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat membongkar komplotan pencopet yang beraksi di pusat perbelanjaan atau mal. Salah satu korbannya yakni seorang selebgram, Vanessa Valencia.

Kepolisian saat ini masih memburu dua pelaku lain dalam kasus pencopetan di mal Jakarta Barat, salah satunya seorang perempuan berinisial VR.

Aksi pencopetan yang dilakukan empat orang di mal kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat itu terekam kamera CCTV. Mereka menggasak satu unit ponsel Iphone 12 milik selebgram Vanessa Valencia saat berada di sebuah lift mal.

"Kami amankan dua orang, sementara ada dua lagi yang masih DPO, seorang laki-laki inisial FS dan seorang perempuan insial VR. Kita sudah dapat identitasnya," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono saat konferensi pers, Rabu (25/8/2021).

Joko menerangkan, penyidik mendapatkan indentitas kedua DPO dari dua orang pelaku berinsial CS dan RJ yang telah ditangkap kemarin. Keduanya merampas Iphone milik korban yang diketahui seorang selebgram bernama Vanessa Valencia.

"Dua orang ini yang mengambil dan memang mereka spesialisasi dalam lift," kata Joko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beraksi 3-4 Kali Sehari

Joko menyebut, komplotan pencopet sudah sangat meresahkan masyarakat. Pengakuanya, dalam sehari pelaku bisa beraksi 3 sampai 4 kali selama kurun waktu setahun terakhir.

"Menurut pengakuan sudah terjadi di banyak tempat, tidak hanya di Jakbar tapi juga di wilayah lain," ujar dia.

Joko menjelaskan modus yang digunakan oleh pelaku. Keempatnya saling berbagi tugas, beberapa di antaranya berpura-pura berbincang-bincang dengan korban.

"Terjadi pembagian tugas di situ ada yang mengalihkan perhatian ada yg aksi dengan mengajak ngobrol mau ke lift berapa, kemudian dengan mepet-mepet," ujar dia.

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa pakaian digunakan oleh pelaku ketika beraksi. Sementara itu akibat kasus ini, selebgram Vanessa Valencia mengalami kerugian Rp 18 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.