Sukses

2,7 Juta Warga Jakarta Belum Divaksinasi, GP NasDem Turun Tangan

GP NasDem membuka sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta untuk membantu pemerintah mempercepat terbentuknya herd immunity.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa terdapat 2,7 juta warga Ibu Kota yang masih belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Untuk membantu mengatasi persoalan tersebut, Garda Pemuda (GP) NasDem pun turun tangan dengan menyediakan dua booth vaksinasi Covid-19 untuk melayani 700 warga setiap harinya.

Program bertajuk Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin untuk warga DKI Jakarta dan sekitarnya ini digelar di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan pada 6-26 September 2021.

Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan, layanan vaksinasi tersebut didirikan untuk melayani masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Pfizer (dosis pertama dan kedua) serta vaksin Sinovac khusus peserta yang mengikuti vaksinasi dosis kedua.

"Jadi, PSP bervaksin ini adalah rangkaian dari gelaran vaksinasi Satgas Covid-19 Partai NasDem yang sudah dilakukan sejak Juli lalu. NasDem komit tidak hanya melayani vaksinasi dosis pertama, tapi juga menyelesaikan vaksinasi kedua guna membantu pemerintah mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity)," kata Okky Asokawati dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Okky menuturkan, penyediaan layanan vaksinasi ini didasari atas komitmen NasDem membantu pemerintah menyelesaikan program vaksinasi lengkap guna menyehatkan masyarakat.

Seperti diketahui, khusus di Jakarta, masih ada sekitar 2,7 warga ber-KTP DKI yang belum menerima vaksinasi, meski pemerintah provinsi telah gencar menggelar program vaksinasi Covid-19. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Warga Perlu Vaksinasi Dosis Kedua

Di sisi lain, Okky yang mantan anggota Komisi IX DPR dua periode itu menjelaskan, saat ini banyak masyarakat memerlukan vaksin dosis kedua lantaran tidak semua sentra vaksin menyediakannya.

"Banyak sentra vaksinasi di luar tapi hanya menyediakan dosis satu kali, yang keduanya masyarakat bingung. Makanya kami kembali bersinergi membantu agar herd immunity segera tercapai," ungkap Okky.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa PSP Bervaksin ini berjalan berkat kerja sama antara DPP NasDem Bidang Kesehatan, ABN, dan Garda Pemuda NasDem hingga Badan Rescue NasDem DKI Jakarta yang menyediakan tenaga kesehatan.

Tidak hanya itu, sambung Okky, dukungan dari pemerintah dalam menyediakan dosis vaksin turut menyukseskan programm kemanusiaan yang tengah berlangsung ini.

"Bagaimana pun juga saya mengimbau masyarakat untuk bervaksin guna mencapai herd immunity. Kedua, vaksinasi juga telah menjadi syarat berkunjung ke mana-mana," terang Okky.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengapresiasi pendirian sentra vaksinasi yang dilakukan NasDem karena turut membantu pemerintah mempercepat vaksinasi Covid-19.

"Hari ini antusiasme warga begitu tinggi, bahkan sudah antre sejak pukul 6 pagi. Partai NasDem betul-betul turun ke pemukiman masyarakat yang berbeda dengan sentra vaksinasi yang lain. NasDem telah cukup lama membantu pemerintah kota dalam berkolaborasi untuk program vaksinasi ini," kata Isnawa.

Dia berharap layanan vaksinasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar khususnya, dan warga DKI Jakarta umumnya agar segera mencapai kekebalan kelompok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.