Sukses

Deretan Inovasi BUMDes Amanah yang Patut Diacungi Jempol

BUMDes Amanah adalah salah satu dari 10 desa yang berhasil masuk kategori Desa BRIlian Tahap I 2021.

Liputan6.com, Jakarta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu lembaga yang dihadirkan untuk memajukan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat di desa. Untuk mencapai tujuan tersebut, BUMDes pun harus selalu berinovasi dalam mengembangkan potensi di daerahnya.

Nah, salah satu yang berhasil mengembangkan potensi yang dimiliki desa adalah BUMDes Amanah di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Desa Bukit Gajah, Riau.

Direktur BUMDes Amanah, Untung Sugiarto saat berbincang dengan tim Liputan6.com menjelaskan bahwa sejak terbentuk pada 2014 hingga saat ini, BUMDes Amanah dapat menyejahterakan masyarakat di desa dengan sejumlah program inovasi yang dijalankan. 

"Alhamdulillah tingkat kepercayaan masyarakat cukup besar kepada BUMDes kami. Ditambah kami juga didukung oleh BRI untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa," kata Untung saat dihubungi, Senin (9/8).

Untung menjelaskan bahwa Desa Bukit Gajah termasuk desa transmigrasi dengan jumlah penduduk hampir empat ribu. Meski tidak ada sektor pariwisata yang mumpuni, namun Desa Bukit Gajah punya potensi besar yang dapat berkembang signifikan, yaitu kebun sawit.

Agen BRIlink Edo Pratama juga menjelaskan bahwa sejak bekerja sama dengan BRI, BUMDes kini memiliki area kelapa sawit sekitar 100 hektar. Dari jumlah tersebut, penghasilan masyarakat di Desa Bukit Gajah yang menjadi petani pun bertambah.

"Saat ini sudah terbentuk kelompok tani. Selain masyarakat sudah memiliki kebun plasma tapi juga ada ladang pribadi. Kalau untuk plasma sendiri dikelola oleh Koperasi Unit Desa (KUD), sementara ladang pribadi dari BUMDes Amanah," jelas Edo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unit Kerja di BUMDes Amanah

Sejak 2017, petani sawit di Desa Bukit Gajah masuk dalam kelompok pekebun swadaya pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Ya, ISPO merupakan sistem sertifikasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, yang bertujuan untuk menciptakan industri kelapa sawit Indonesia yang lebih berkelanjutan.

Untuk memajukan perekonomian warga desa, BUMDes Amanah pun membuat unit kerja. Untung menjelaskan ada lima unit kerja yang ada di BUMDes Amanah, yaitu Unit Simpan Pinjam, Unit Barang dan Jasa, Unit Bank Sampah, Unit Transportasi, dan Unit Perkebunan.

"Unit kerja yang paling berkontribusi untuk masyarakat tentunya yang paling tua di BUMDes, yaitu Unit Kerja Simpan Pinjam dan Unit Kerja Barang dan Jasa," kata Untung sambil mengutarakan bahwa ada sekitar 1200 warga desa yang masuk dalam daftar unit kerja di BUMDes Amanah.

Nah, mengenai potensi yang dimiliki Desa Bukit Gajah, Edo pun mengaku bangga dengan kinerja BUMDes yang selalu berinovasi. Terkait infrastruktur misalnya, BUMDes tidak mengandalkan jasa kontraktor untuk proses perbaikan jalan.

"Infrastruktur di desa ditangani langsung oleh BUMDes Amanah. Proses penyemenan yang dilakukan setiap tahun untuk pembangunan jalan, ditangani langsung oleh BUMDes Amanah. Belum lagi, BUMDes memiliki angkutan umum (Unit Kerja Transportasi), di mana income dari ongkos angkut sawit langsung masuk ke BUMDes," jelas Edo yang menjelaskan bahwa di Desa Bukit Gajah ada lima agen BRIlink.

Tak berhenti disitu saja, BUMDes Amanah lewat Unit Kerja Barang dan Jasa juga menyediakan kebutuhan masyarakat secara lengkap. Mulai dari pengadaan elektronik hingga kendaraan. Termasuk kebutuhan terkait jasa yang terkait dengan pembayaran tagihan. Semua dikelola oleh BUMDes Amanah.

Kemudian untuk Unit Kerja Bank Sampah, BUMDes menyortir sampah plastik dan kertas untuk kemudian dikumpulkan ke gudang dan dijual kembali. Semua inovasi yang dilakukan BUMDes Amanah tentunya tak lepas dari tujuannya, yaitu membangun semangat warga desa dalam meningkatkan perekonomiannya.

Selain itu, sejak bekerja sama dengan BRI, Untung mengaku sangat bersyukur karena selalu mendapat pendampingan. Banyak program BRI yang diakuinya sangat memberikan dampak positif untuk warga desa secara umum dan BUMDes Amanah secara khusus.

"Apalagi dengan adanya Agen BRIlink, tentunya sangat mempermudah kami dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat. Kami berharap BRI tetap mendukung kami dalam banyak program," kata Untung.

Untuk diketahui, BUMDes Amanah adalah salah satu dari 10 desa yang berhasil masuk kategori Desa BRIlian Tahap I 2021. BRI sebagai salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia berupaya meningkatkan kemampuan desa, baik dari sisi SDM dan potensi desa melalui program Desa BRIlian.

Ya, BRI memberikan pendampingan yang kuat agar BUMDes bisa tumbuh dan menjalankan perannya mengembangkan kesejahteraan masyarakat. BRI berharap dengan program Desa Brilian BRI, setiap desa memiliki perekonomian yang lebih berdaya, mandiri, serta memiliki nilai yang luar biasa dalam kontribusi bagi pergerakan ekonomi bangsa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini