Sukses

Salurkan KUR Rp 70 Triliun, Jokowi Optimistis Pertanian Mampu Hadapi Badai Covid-19

Jokowi menambahkan, skema penyaluran KUR juga akan terus disempurnakan sesuai karakteristik usaha yang ada di bidang pertanian.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi semakin optimistis dengan kemampuan sektor pertanian dalam menghadapi badai pandemi Covid-19. Terlebih dengan adanya mesin pendorong dari pemerintah, yakni kredit usaha rakyat (KUR).

Pemerintah menganggarkan Rp 70 triliun khusus untuk sektor pertanian.

"Dalam hal pembiayaan, pemerintah akan terus mempercepat penyaluran KUR. KUR pertanian plafon 2021 Rp 70 triliun dari total KUR yg ada Rp 253 triliun," jelas Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, seperti dikutip dari siaran daring, Rabu (25/8/2021).

Jokowi menambahkan, skema penyaluran KUR juga akan terus disempurnakan sesuai karakteristik usaha yang ada di bidang pertanian. Selain itu, persyaratan mendapatkan KUR akan semakin dipermudah.

"KUR juga harus bisa dimanfaatkan untuk peningkatan nilai tambah pasca panen, seperti dalam pengadaan Rice Milk Unit (RMU), sehingga semakin dirasakan petani," harap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Pendampingan pada Petani

Jokowi melanjutkan, kepada para menteri kepala daerah dan kepala lembaga bisa memperkuat pendampingan kepada petani. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi termasuk platform digital.

"Teknologi digital (dapat) mendorong produktifitas petani dan memotong panjangnya rantai pemasaran UMKM pangan," Jokowi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.