Sukses

Dirjampelkes BPJS Kesehatan Sebut Aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 di Kaltim Berjalan Lancar 

Untuk mendukung penanganan Covid-19, BPJS Kesehatan berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi melalui penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus memperkuat penanganan pandemi Covid-19, salah satunya dengan melakukan vaksinasi kepada setiap Warga Negara Indonesia. Untuk mendukung upaya pemerintah, BPJS Kesehatan berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi melalui penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi.

Aplikasi P-Care Vaksinasi menjadi andalan bagi tenaga kesehatan untuk mendata, memproses dan melaporkan hasil dari kegiatan vaksinasi tersebut. 

Dalam kegiatan kunjungan Presiden RI ke sentra vaksinasi Covid-19 di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Kota Balikpapan, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati, yang didampingi oleh Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Prio Hadi Susatyo, turut memantau langsung dan memastikan aplikasi P-Care Vaksinasi berjalan dengan lancar dan mendukung percepatan vaksinasi.

Lily Kresnowati mengatakan bahwa BPJS Kesehatan berkomitmen penuh untuk membantu program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah. 

“Kami bersama-sama, baik itu dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ini. Harapannya, seluruh masyarakat Indonesia dapat mengikuti kegiatan vaksinasi ini agar terhindar dari virus Covid-19. BPJS Kesehatan sendiri telah menyiapkan aplikasi P-Care Vaksinasi untuk membantu dalam proses registrasi, screening, pelaporan kegiatan vaksinasi hingga pencetakan kartu vaksinasi. Kami harap aplikasi tersebut dapat memudahkan dan mempercepat proses vaksinasi ini,” ujar Lily.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di pusat Kota Balikpapan ini dihadiri oleh  sedikitnya 2000 peserta yang terdiri dari pelajar, masyarakat umum, dan peserta pasien lanjut usia yang memiliki komorbid (penyakit bawaan).

Tidak hanya itu, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini dilakukan secara serentak di seluruh kota dan kabupaten Provinsi Kalimantan Timur dengan peserta sebanyak 15.776 orang yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten. Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini di monitor langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui video conference dan secara umum berjalan dengan lancar dan memenuhi target yang ditetapkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wali Kota Balikpapan Apresiasi Upaya BPJS Kesehatan

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan BPJS Kesehatan. Dirinya mengungkapkan dukungan BPJS Kesehatan ini membantu proses vaksinasi yang ada di Kota Balikpapan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah membantu dalam kegiatan vaksinasi di Kota Balikpapan, terutama dengan hadirnya aplikasi yang diusung BPJS Kesehatan yaitu P-Care Vaksinasi. Mengenai program JKN-KIS, kami juga sedang dalam proses untuk mendaftarkan seluruh warga Kota Balikpapan yang terdaftar di kelas tiga untuk nantinya didaftarkan menjadi tanggungan dari Pemerintah Kota Balikpapan, sehingga nanti tidak ada lagi warga yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Pemerintah Kota Balikpapan mendukung penuh program JKN-KIS,” ujar Rahmad.

 

3 dari 3 halaman

P-Care Vaksinasi Permudah Kerja Nakes

Dalam pelaksanaan vaksinasi, peran tenaga kesehatan sangat penting untuk memastikan proses vaksinasi berjalan lancar. Salah satu tenaga kesehatan, Heti mengungkapkan kesuksesan dalam pelaksanaan vaksinasi salah satunya didukung oleh adanya aplikasi P-Care Vaksinasi ini. Dirinya menyebutkan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan aplikasi ini. 

“Dengan adanya aplikasi P-Care Vaksinasi ini memudahkan kita sebagai tenaga kesehatan untuk melakukan pendataan, registrasi, screening hingga pelaporan vaksinasi. Kita patut bersyukur selama beberapa kali kegiatan vaksinasi ini berlangsung, tidak ada kendala yang kita hadapi. Semuanya berjalan dengan lancar, masyarakat tertib untuk menjaga protokol kesehatan serta proses vaksinasi bisa dilakukan dengan cepat,” ujar Heti.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.