Ketua MPR Minta Pemerintah Antisipasi Kemungkinan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Oleh Nila Chrisna Yulika pada 25 Agu 2021, 01:12 WIB
Diperbarui 25 Agu 2021, 01:12 WIB
Bamsoet
Perbesar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa saat ini, bangsa Indonesia tengah merasakan ancaman yang luar biasa terhadap karakter serta jati diri bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mempersiapkan langkah jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan pandemi COVID-19 menjadi endemi.

"Pemerintah dan Satgas Penanganan COVID-19 perlu menjadikan perkiraan para ahli sebagai motivasi untuk mempersiapkan langkah dan strategi jangka panjang berbagai sektor, khususnya sektor-sektor strategis, dalam menghadapi pandemi, dan juga mempersiapkan kondisi sosial masyarakat untuk dapat hidup berdampingan bersama pandemi COVID-19," ujar Bamsoet seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Bamsoet mengatakan perlunya tanggung jawab dan komitmen bersama dari pemerintah dan masyarakat untuk terus menangani pandemi COVID-19 dalam jangka panjang. Sebab belum ada yang dapat memastikan kapan COVID-19 akan mereda atau kemungkinan akan menjadi endemi.

Selain itu, kata Bamsoet, pemerintah perlu terus memberikan dukungan secara penuh terhadap penelitian obat COVID-19 dan memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

"Sebab semakin banyak dan kuatnya kekebalan komunitas masyarakat, maka tingkat keparahan terhadap infeksi COVID-19 juga akan berkurang," ujar Bamsoet.


Ingatkan Masyarakat untuk Waspada

Pemerintah, menurutnya, juga harus terus mengingatkan masyarakat untuk tetap bersikap waspada dan fleksibel dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kebijakan pengetatan dan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan terus dilakukan karena lonjakan kasus COVID-19 masih bisa terjadi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya