Sukses

BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia Senin Ini

Peringatan dini itu untuk Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Senin (23/8/2021) ini.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman BMKG, disebutkan bahwa peringatan dini itu untuk Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Dikemukakan BMKG bahwa daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di perairan Barat Bengkulu, Kalimantan bagian utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, di Maluku, dari Papua Barat hingga Maluku Utara dan di Papua bagian tengah.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," sebut BMKG.

Di samping itu, BMKG juga memperingatkan potensi kebakaran lahan di wilayah Nusa Tenggara Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta Diguyur Hujan

Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan sebagian wilayah Ibu Kota akan diguyur hujan hari ini. Warga diminta tetap waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga menjelang malam hari," tulis peringatan dini BMKG di laman resminya.

Untuk prakiraan cuaca siang hari nanti, hujan ringan di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat; berawan di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur; serta cerah berawan di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Pada malam hari, hujan ringan di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu serta berawan di Jakarta Timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.