Sukses

Kendaraan Warga yang Hendak Berwisata Padati Kawasan Puncak-Cianjur

Mangku Anom Sutresno mengatakan, dari pagi hingga malam terjadi antrian kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur dan sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom Sutresno mengatakan, dari pagi hingga malam terjadi antrian kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur dan sebaliknya, yang sebagian besar menuju tempat wisata yang berada di kawasan tersebut.

Dia menjelaskan, kendaraan keluar masuk ke tempat wisata yang sebenarnya masih tutup. Sehingga hal ini menyebabkan antrian.

Atas dasar itulah, Mangku menjelaskan bahwa pihaknya memberlakukan rekayasa arus, termasuk sistem buka tutup satu arah.

"Sejak pagi hingga sore volume kendaraan meningkat didominasi nopol luar kota. Antrian tidak bergerak terjadi menjelang malam, sehingga kita berlakukan sistem satu arah menuju Bogor, sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total," kata dia, Minggu (22/8/2021).

Seperti dilansir dari Antara, Sebagian besar kendaraan yang terjebak antrian bernopol Jabodetabek, dengan tujuan tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Savilage Puncak dan Kota Bunga Cipanas yang belum diperbolehkan buka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Tahu Tutup

Antrian terus memanjang dari kedua arah menuju Cianjur atau sebaliknya menuju Bogor, karena sebagian besar pengendara memutar balik kendaraan karena tempat wisata yang dituju belum beroperasi, sehingga volume kendaraan terus meningkat di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, akibatnya antrian panjang kendaraan terlihat hingga malam.

"Kami berencana ke Kebun Raya Cibodas, bersama rekan kantor, tidak tahu kalau tempat wisata di Puncak tutup. Kami sempat terjebak macet di Puncak-Bogor, sampai ke Cibodas menjelang siang atau sekitar 3 jam dari keluar tol Ciawi, " kata Cindy (32) pengendara asal Jakarta Timur saat ditemui di Kawasan Kebun Raya Cibodas, Minggu.

Ia tidak tahu kalau tempat wisata di Puncak tutup, sehingga setelah PPKM di longgarkan, mereka berencana untuk berlibur, namun semua tempat wisata masih tutup, sehingga berencana untuk pulang kembali ke Jakarta, menunggu pemberlakuan sistem satu arah.

Hal yang sama dilakukan sukardi (35) pengendara asal Depok, yang hendak berwisata di Puncak, memilih pulang ke kota asal, namun terjebak antrian panjang kendaraan di kawasan Cipanas.

"Keluar dari Kebun Raya Cibodas yang tutup, kami mencoba wisata kuliner di kawasan Cipanas, mau pulang antrian sudah terjadi dengan laju kendaraan tersendat. Sudah hampir malam, baru sedikit lancar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.