Sukses

PPKM Jakarta Diperpanjang, Ini Harapan Anies Baswedan

Menurut Anies, status level PPKM di Jakarta tak hanya memperhatikan indikator di Ibu Kota, tapi juga didasarkan pada pengendalian kota-kota penyangga.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Saat ini, DKI Jakarta masuk dalam PPKM Level 4. 

Menurut Anies, status level PPKM di Jakarta tak hanya memperhatikan indikator di Ibu Kota, tapi juga didasarkan pada pengendalian kota-kota penyangga.

"Itu yang nanti mudah-mudahan di awal minggu depan kita lihat. Mudah-mudahan satu kawasan Jakarta Raya kondisinya sama-sama terkendali," kata Anies dalam diskusi virtual, Minggu (22/8/2021).

Anies menyatakan, dengan adanya kondisi yang membaik, nantinya ada penambahan jumlah kegiatan publik yang mulai dibuka untuk umum. "Sehingga harapannya nanti kita bisa melihat kegiatan yang bisa dilakukan bertambah," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan terdapat sejumlah pertimbangan level 4 PPKM di Ibu Kota belum mengalami penurunan meskipun telah masuk zona hijau Covid-19.

Salah satunya yakni terkait penanganan pengendalian kasus Covid-19 di kota sekitar DKI Jakarta.

"Yang dipertimbangkan pemerintah pusat itu adalah karena tetangga kanan-kiri masih belum 100 persen terkendali, maka bila ada perubahan di Jakarta, dikhawatirkan terjadi lonjakan kembali," papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi

Alasan lainnya, yakni terkait pencapaian vaksinasi Covid-19 di kota penyangga. Saat ini, Jakarta sendiri telah mencapai 103 persen vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama.

"Tapi tetangga-tetangga kita ada yang 15 persen, ada yang 20 persen, ada yang baru 30-an persen dari vaksinasi. Plus covidnya juga," jelas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Pemprov DKI Jakarta memasuki status level 1 dalam perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) 2-15 November 2021.
    Pemprov DKI Jakarta memasuki status level 1 dalam perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) 2-15 November 2021.

    PPKM Jakarta