Sukses

Nyanyian Telaga Sunyi SBY, Ungkapan Kerinduan untuk Ani Yudhoyono

Lagu Telaga Sunyi rupanya menyimpan kenangan mendalam bagi sosok Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Liputan6.com, Jakarta Lagu Telaga Sunyi rupanya menyimpan kenangan mendalam bagi sosok Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Kala sekolah menengah atas, pada era 60-an, dia sering menyanyikannya bersama teman satu band.

Kini, Presiden keenam Republik Indonesia itu, menyenandungkan kembali lagu ciptaan Koes Plus tersebut untuk mengisi kesunyian hati sepeninggalan sang belahan jiwa Ani Yudhoyono.

"Tembang yang manis meskipun bernada sedih ini, saya nyanyikan kembali guna mengisi “kesunyian hati” sejak almarhumah istri tercinta dipanggil oleh Yang Maha Kuasa," tulis SBY dalam akun Instagram Ani Yudhoyono, Jakarta, Minggu (22/8/2021).

Sepeninggalan Ani Yudhoyono, lanjut dia, waktu terus berjalan. SBY harus melanjutkan hidup tanpa didampingi sosok orang tercintanya.

Rindu sudah pasti. Kehilangan masih tetap bersemayam di hati.

"2 tahun lebih saya melanjutkan kehidupan tanpa didampingi oleh belahan jiwa, rasa rindu dan kehilangan masih menjadi keseharian saya. Tentu sebagai orang yang beriman saya sudah ikhlas dan menerima takdir dari Allah SWT ini. Namun sebagai manusia biasa, kesedihan yang saya alami tidak akan pergi begitu saja. Bagi saya, 'To heal is to remember'," tutur SBY.

Nyanyian Telaga Sunyi SBY itu dikemas dalam sebuah video. Video tersebut juga menampilkan lima foto lukisan karyanya.

"Selain menyanyikan lagu Telaga Sunyi, saya juga sertakan 5 (lima) foto lukisan yang saya lukis khusus untuk mengiringi tembang manis ini. Saya minta doa dari para sahabat agar hati yang “sunyi” ini dapat berganti menjadi hati yang “damai”. Semoga tembang dan lukisan ini dapat menemani kita semua yang masih harus membatasi kegiatan di masa pandemi saat ini. Salam sehat untuk kita semua... SBY," kata SBY.

"Di kala sang bulan purnama

Bersinar di atas telaga

Terdengar suara menggema

Melagukan balada tua...."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Wasekjen Demokrat

Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan, membenarkan soal video ini. Dia membenarkan SBY sendiri yang menyanyikan lagu itu.

Telaga Sunyi yang dinyanyikan SBY ini diaransemen ulang oleh Tohpati.

"Betul tulisan (SBY) dan beliau yang menyanyikan," kata Ossy kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.