Sukses

Wamenag Zainut Nilai Ceramah Berisi Ujaran Kebencian Lantaran Kompetensi Penceramah Kurang

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menilai ceramah yang berisi ujaran kebencian tidak terlepas dari tingkat kompetensi penceramah yang belum mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menilai ceramah yang berisi ujaran kebencian tidak terlepas dari tingkat kompetensi penceramah yang belum mumpuni. Baik yang terkait teknik komunikasi maupun pengetahuan substansi.

"Jelas perlu penguatan kompetensi. Ini bisa menjadi tugas bersama Kementerian Agama dengan ormas keagamaan di semua agama," ujar Wamenag di Jakarta, Minggu (22/8/2021).

Menurut dia, dua tahun terakhir, Kemenag menggulirkan program penguatan kompetensi penceramah.

"Tentu perlu dioptimalkan untuk semua Ditjen Bimbingan Masyarakat, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha, termasuk Pusat Pembinaan dan Pendidikan Khonghucu," sambung dia.

Wamenag Zainut mengatakan, ceramah yang dinilai bermuatan ujaran kebencian dan penghinaan tidak hanya terjadi di satu agama. Ada kalanya itu terjadi saat penceramah mengomentari agama lainnya. Padahal, bisa jadi pengetahuannya tentang hal itu terbatas.

"Ceramah sebaiknya diarahkan untuk memperdalam keyakinan umat, tanpa barus menyinggung keyakinan yang lain. Ini juga bisa menjadi bagian muatan pembinaan oleh ormas keagamaan," ujar Zainut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Wamenag Zainut menambahkan, perkembangan teknologi berikut regulasinya juga perlu menjadi perhatian para penceramah. Saat ini ada UU ITE yang mengatur aktivitas di dunia maya, termasuk ceramah. Hampir semua masyarakat juga punya gawai yang bisa mereka gunakan untuk merekam lalu menyebarkan isi ceramah.

"Pemahaman tentang media sosial dan UU ITE juga bisa menjadi muatan pembinaan dalam penguatan kompetensi penceramah," jelas dia.

Wamenag berharap ceramah tidak diwarnai ujaran kebencian dan penghinaan. “Dalam kondisi seperti saat ini, semua pihak mestinya bisa saling merajut kebersamaan dan kerukunan,” tandasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini