Sukses

Top 3 News: Anggota DPR Percha Leanpuri Meninggal Usai Lahirkan Bayi Kembar

Percha Leanpuri meninggal dunia setelah 10 hari melahirkan kedua anak kembarnya lewat operasi caesar.

Liputan6.com, Jakarta Putri sulung dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru telah berpulang. Percha Leanpuri merupakan anggota DPR RI Periode 2019-2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel II dari Fraksi Nasdem. Dia mengembuskan napas terakhir di RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan usai melahirkan bayi kembar.

Dari keterangan yang diterima awak media, Percha Leanpuri meninggal dunia setelah 10 hari melahirkan kedua anak kembarnya lewat operasi caesar.

Tidak hanya bagi keluarga, duka mendalam juga turut dirasakan teman sejawat dan keluarga besar Partai Nasdem. Sosok almarhum dinilai memiliki peran yang sangat besar demi memajukan partai. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Jumat, 20 Agustus 2021.

Dari Bekasi, Jawa Barat, seorang ibu rumah tangga berinisial WA (31) kini berurusan dengan hukum karena diduga menggelapkan mobil rental yang disewanya. 

Kepada petugas, pelaku mengaku nekat melakukan perbuatan tersebut lantaran terhimpit kebutuhan ekonomi. Menurut keterangan korban, pelaku WA tak juga memulangkan mobilnya saat perjanjian sewa antara keduanya telah habis.

Muncul adanya wacana penyelenggaraan Pemilu 2024 diundur juga tak kalah menuai sorotan. Wacana tersebut timbul karena melihat kondisi pandemi saat ini.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara Feri Amsari, tidak masalah penyelenggaraan pemilu diundur. Namun, harus didasari alasan yang jelas seperti kondisi bencana atau yang menghambat pnyelenggaraan pemilu.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 20 Agustus 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 6 Fakta Meninggalnya Anggota DPR Percha Leanpuri Usai Lahirkan Bayi Kembar

Keluarga besar Partai NasDem tengah berduka. Percha Leanpuri, anggota DPR RI Periode 2019-2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel II, tutup usia, Kamis, 19 Agustus kemarin.

Putri sulung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru ini diketahui mengembuskan napas terakhirnya di RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada pukul 17.45 WIB.

Wafat di usia 35 tahun, Percha Leanpuri meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Partai Nasdem, lantaran dikenal sebagai sosok yang positif dan aktif membesarkan partai.

"Semangatnya begitu tinggi untuk membesarkan partai," ucap Charles Meikyansa yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI. 

Sebelum menutup usia, Percha Leanpuri melahirkan sepasang bayi kembar lewat operasi caesar sepekan yang lalu.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Terdesak Kebutuhan Ekonomi, Ibu Muda di Bekasi Nekat Gadaikan Mobil Rental

Berdalih terdesak kebutuhan ekonomi, seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kota Bekasi, Jawa Barat, nekat menggelapkan mobil rental yang disewanya. Pelaku saat ini telah diamankan pihak kepolisian.

Dengan mengenakan baju tahanan, WA (31) hanya bisa tertunduk lesu saat dihadirkan dalam gelar perkara di Polsek Bekasi Kota. Ibu muda itu seakan menyesali perbuatannya yang membuat ia harus terpisah dari keluarga tercinta.

Kasus yang menyeret WA bermula saat ia menyewa sebuah mobil rental seharga Rp 350 ribu per hari. Ketika masa sewa habis, pelaku tak memulangkan mobil dengan alasan ingin memperpanjang sewa.

"Pelaku hanya menghubungi korban melalui telepon untuk memperpanjang waktu sewa dan membayar melalui transfer," kata Kapolsek Bekasi Kota, Kompol Armayini, Jumat (20/8/2021).

Selanjutnya pelaku menemui korban untuk membicarakan perihal perpanjangan sewa mobil selama dua minggu ke depan. Tapi anehnya, saat itu pelaku datang dengan menggunakan kendaraan lain, bukan dengan mobil korban.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. HEADLINE: Muncul Wacana Penyelenggaraan Pemilu 2024 Diundur 2027, Peluangnya?

Dalam sebuah diskusi bertajuk Pandemi dan Konstelasi Politik 2024, Jazilul Fawaid ditanya oleh pembawa acara. Pertanyaan yang diajukan kepadanya ialah apakah Pemilu akan benar-benar dilaksanakan pada 2024 atau tidak.

Wakil Ketua MPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini lantas mengungkapkan, pagelaran pesta demokrasi pada 2024 masih menjadi tanya. Lantaran saat ini, pandemi covid-19 yang sudah menyelimuti negeri sejak 2020 lalu, masih belum bertepi.

"Kalau kondisinya seperti ini jangankan TPS, masjid saja ditutup. Jadi kalau kondisinya seperti ini, tentu unpredictable sampai hari ini," kata Jazilul pada Sabtu 14 Agustus 2021.

Ketidakpastian penyelenggaran Pemilu 2024 ini menghadirkan anggapan publik tentang adanya kemungkinan pesta demokrasi ini bakal diundur.

Kendati KPU telah menafikannya, namun ada aturan yang menyebutkan pemilu bisa mundur melalui amandemen UUD 1945 dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Menurut Pengamat Politik Ujang Komarudin, kedua cara ini kemungkinanya tipis digunakan sebagai celah untuk mengundurkan pemilu. Karena dua cara itu dinilainya tidak memiliki alasan kuat untuk diterapkan saat ini.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.