Sukses

Turun Langsung ke Lapangan, Airlangga Cek Penanganan Covid-19 di Kalsel

Kunjungan Airlangga sendiri dilakukan untuk memastikan berbagai program dan upaya dalam pengendalian Covid-19 dapat dilaksanakan di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk melakukan evaluasi dan monitoring secara langsung penanganan Covid-19.

Kalsel sendiri merupakan salah satu wilayah yang menerapkan PPKM Level 4 hingga saat ini. Kunjungan Airlangga sendiri dilakukan untuk memastikan berbagai program dan upaya dalam pengendalian Covid-19 dapat dilaksanakan di lapangan.

"Jadi kami ke sini untuk melihat secara langsung situasi pandemi dan penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan. Karena Kalsel adalah salah satu yang tertinggi (kasus aktif) dan paling banyak kabupaten/kota PPKM Level 4 di Kalimantan," ujar Airlangga di Kalsel, Jumat (20/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini juga memastikan pelaksanaan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah berjalan dengan baik.

"Mulai percepatan vaksinasi, penyediaan fasilitas Isolasi Terpusat, ketersediaan obat dan oksigen dan juga mengecek PPKM Mikro di desa-desa yang menjadi percontohan dalam penerapan protokol Kesehatan dan pelaksanaan isolasi secara terpusat," kata Airlangga.

Airlangga juga meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi di Gelanggang Olahraga (GOR) Hasanuddin yang berlokasi di Kota Banjarmasin sekaligus menyerahkan bantuan berupa paket sembako bagi warga yang melakukan vaksinasi.

Penyelenggaraan vaksinasi yang ditargetkan 1.000 dosis vaksin Covid-19 per hari tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi antara Polda Kalsel dan Pemda Kalsel.

"Dari peninjauan hari ini, kita melihat sendiri tingginya antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi ini, sehingga perlu dijaga ketersediaan suplai vaksin. Pemerintah akan mendapatkan vaksin selama bulan Agustus ini sebanyak 72 juta dosis, dan harapannya untuk Kalimantan Selatan ini akan segera ditambahkan," katanya.

Selanjutnya, Airlangga melakukan peninjauan langsung ke Perumahan Citra Garden City yang bertempat di Kelurahan Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru.

Di perumahan ini terdapat 289 jiwa yang terdiri dari 133 Kepala Keluarga (KK), di mana beberapa waktu lalu 46 warganya terkena Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman) yang dilaksanakan secara terpusat, dan saat ini tinggal 4 orang yang melakukan isolasi.

"Keberhasilan pengendalian laju kasus Covid-19 ini, tidak lepas dari adanya penyediaan sebuah rumah yang khusus dijadikan sebagai tempat isolasi (fasilitas isolasi terpusat) bagi warga yang terkena Covid-19, sehingga penyebaran kasus aktif dapat ditekan dan perawatan dapat dilakukan secara lebih memadai," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Masker dan Vitamin

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin berupa masker, vitamin dan obat-obatan, serta bantuan berupa masker dan sabun untuk cuci tangan kepada Lurah Sungai Ulin.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga didampingi oleh Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. Turut hadir juga Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, dan beberapa Anggota DPR RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.