Sukses

Kota Bogor Targetkan 2.997 Ibu Hamil Divaksinasi Covid-19 pada Agustus 2021

Vaksinasi Covid-19 ini diperuntukkan ibu hamil dengan masa kandungan berusia 14 sampai 33 minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu hamil di Kota Bogor menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi dilakukan secara bertahap di seluruh puskesmas di Kota Bogor.

Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Siti Robiah Mubarokah mengatakan, di Kota Bogor terdata 19.238 ibu hamil yang akan menjadi sasaran penerima vaksin tersebut.

"Kita selenggarakan vaksinasi 14-21 Agustus. Di bulan ini terdapat 2.997 ibu hamil yang akan disuntik vaksin secara bertahap di 25 puskesmas," kata Robiah, Kamis (19/8/2021).

Untuk hari ini, di Kelurahan Kedung Badak tercatat ada 82 sasaran. Kemudian, Jumat 20 Agustus 2021 diselenggarakan di Kelurahan Kedung Jaya dan Kedung Waringin dengan jumlah sasaran sebanyak 80 orang.

Robiah menjelaskan, vaksinasi ini diperuntukkan ibu hamil dengan masa kandungan berusia 14 sampai 33 minggu. Untuk mendapat suntikan vaksin, warga bisa langsung mendatangi puskesmas dan tidak perlu meminta rujukan.

"Mereka bisa langsung datang, karena sudah didata para kader di wilayah," ujar Robiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsultasi Dokter Bila Punya Komorbid

Bagi ibu hamil yang memiliki komorbid atau riwayat penyakit jantung dan diabetes harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan petugas kesehatan.

Sampai saat ini capaian vaksinasi di Kota Bogor sudah mencapai 50 persen untuk dosis pertama. Pemkot Bogor menargetkan 100 persen suntikan dosis pertama pada akhir Oktober 2021.

Program vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi Corona. Selama ini, vaksinasi terus dilakukan dan saat ini menyasar ibu hamil dengan harapan agar para ibu hamil dan calon bayinya dapat terjaga dan terlindungi dari virus Corona.

"Dengan harapan ibu dan bayinya dapat mrningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19," kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat memantau vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.