Sukses

4 Pernyataan Anies Terkait Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, hingga saat ini sudah ada ribuan ibu hamil di Jakarta yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya program vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil merupakan bentuk jawaban keresahan selama berbulan-bulan saat pandemi. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Anies, hingga saat ini sudah ada ribuan ibu hamil di Jakarta yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Di Jakarta sendiri pada saat ini sudah tercatat 1.754 ibu hamil yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021).

Dengan banyaknya ibu hamil yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 itu menunjukkan bentuk antusiasme cegah penyebaran virus Corona.

Meski begitu, Anies berharap ada penelitian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para ibu hamil.

Sebab saat ini, kata dia, ilmu mengenai virus Covid-19 merupakan hal yang baru.

Berikut 4 pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies soal vaksinasi Covid-19 ibu hamil dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.754 Ibu Hamil Terima Dosis Pertama Vaksin Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan program vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil merupakan bentuk jawaban keresahan selama berbulan-bulan saat pandemi.

Anies menyebut sudah ada ribuan ibu hamil di Jakarta yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama.

"Di Jakarta sendiri pada saat ini sudah tercatat 1.754 ibu hamil yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan hal tersebut merupakan bentuk dari antusiasme para ibu hamil untuk pencegahan Covid-19.

 

3 dari 6 halaman

Fasilitas Persalinan Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Terjamin

Anies menyebut saat pandemi setahun lalu, salah satu hal yang ditangani Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yakni penanganan persalinan untuk para ibu hamil yang terpapar Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Anies mengatakan saat ini seluruh Puskesmas di Jakarta telah siap menangani kasus ibu hamil yang menghadapi persalinan saat terpapar Covid-19.

"Di RSUD manapun datang di Puskesmas kecamatan manapun, maka Insya Allah ibu hamil bisa tertangani walaupun ada kendala Covid-19," papar Anies.

 

4 dari 6 halaman

Minta Perguruan Tinggi Terlibat Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil untuk Penelitian

Disamping angka ibu hamil yang sudah terima vaksin serta jaminan fasilitas persalinan ibu hamil terpapar Covid-19, Anies juga mengimbau hal lain.

Dia berharap ada penelitian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para ibu hamil. Sebab saat ini ilmu mengenai virus Covid-19 merupakan hal yang baru.

"Perilaku virus ini pun masih relatif baru, harapannya proses vaksinasi ini ditandem dengan kampus-kampus untuk melakukan penelitian monitoring atas setiap Ibu yang dapat vaksinasi lakukan monitoring itu," kata Anies.

 

5 dari 6 halaman

Inginkan Pengawasan Terus Dilakukan

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menginginkan agar monitor atau pengawasan tersebut tetap dilakukan hingga proses setelah melahirkan.

Anies menyebut hal tersebut nantinya terdapat data yang komprehensif mengenai vaksinasi Covid-19 terhadap ibu hamil dan anak yang telah dilahirkan.

"Dengan begitu harapannya nanti kebijakan-kebijakan yang kita buat kita bisa lakukan lebih sesuai dengan fakta di lapangan," jelas Anies.

 

(Cindy Violeta Layan)

6 dari 6 halaman

13 Mal di Jakarta Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 per Juni 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.