Sukses

Anies: 1.754 Ibu Hamil Telah Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Anies menyatakan hal tersebut merupakan bentuk dari antusiasme para ibu hamil untuk pencegahan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan program vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil merupakan bentuk jawaban keresahan selama berbulan-bulan saat pandemi.

Anies menyebut sudah ada ribuan ibu hamil di Jakarta yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama. 

"Di Jakarta sendiri pada saat ini sudah tercatat 1.754 ibu hamil yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan hal tersebut merupakan bentuk dari antusiasme para ibu hamil untuk pencegahan Covid-19.

Saat pandemi setahun lalu, lanjut Anies, salah satu hal yang ditangani oleh Pemprov DKI yakni penanganan persalinan untuk para ibu hamil yang terpapar Covid-19.

"Kami sering berkeliling ke Puskesmas, RSUD, rumah sakit- rumah sakit salah satu tempat yang selalu dicek adalah fasilitas persalinan. Karena kita sering kali mendengar betapa pilu kejadian-kejadian ketika mereka harus mendapatkan fasilitas persalinan dan fasilitas kesehatan tidak siap untuk menampung," papar Anies.

Menyikapi hal tersebut, Anies mengatakan saat ini  seluruh Puskesmas di Jakarta telah siap menangani kasus ibu hamil yang menghadapi persalinan saat terpapar Covid-19.

"Di RSUD manapun datang di Puskesmas kecamatan manapun, maka Insya Allah ibu hamil bisa tertangani walaupun ada kendala covid," jelas Anies.

  

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Sinovac

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan pihaknya akan menyasar ratusan ribu ibu hamil untuk vaksinasi Covid-19.

Kata dia, berdasarkan kebijakan yang ada, para ibu hamil akan mendapatkan vaksinasi jenis Sinovac.

"Kalau rata-rata dari secara umum setiap tahun itu ada 160 ribu ibu hamil di Jakarta. Kurang lebih itu angka yang setiap waktu sekitar segitu," kata Dwi di Jakarta, Senin,16 Agustus 2021. 

Dia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil sudah dilakukan sejak pekan lalu. Dwi memperkirakan belum banyak ibu hamil yang melakukan vaksinasi.

"Masih ratusan ibu hamil tapi prinsipnya untuk ibu hamil kami juga minta percepatan supaya bisa divaksin," ucapnya.

Lanjut Dwi, untuk pelaksanaannya para ibu hamil dapat mendatangi sentra vaksinasi ataupun melalui pendaftaran online atau daring melalui aplikasi Jaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.