Sukses

HUT RI Dinilai Jadi Momentum Pemuda untuk Semangat Gotong Royong

Momentum HUT RI ini mengingatkan bangsa Indonesia pada sejarah perjuangan pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Energi Mahasiswa Indonesia menggelar program refleksi kemerdekaan RI pada 16 dan 17 Agustus 2021. Kegaitan pertama berupa seminar nasional yang dengan pemateri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Corporate Secretary PT Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi.

Selain itu, Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar dan Koordinator BUMD ADPMET Begin Troys dan Sekretaris Jenderal DEM Indonesia Robi Juandry yang dipandu wasekjen eksternal DEM Indonesia Ibnu Mas'ud.

Menurut Sekretaris Jenderal DEM Indonesia, Robi Juandry, momentum HUT RI ini mengingatkan bangsa Indonesia pada sejarah perjuangan pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.

"Selain itu, serangkaian kejadian pada masa sebelum proklamasi, mengajarkan kita bangsa Indonesia untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kemerdekaan dan dapat terbebas dari penjajahan negara lain," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8/2021).

"Kita sebagai pemuda merefleksikan kemerdekaan RI ke 76 tahun ini dengan semangat gotong royong dan mendekatkan SDA ke SDM-nya " imbuh dia.

Para pemateri sepakat, saat ini suatu bangsa dituntut untuk menunjukkan nilai-nilai terbaik dari ideologi kebangsaan untuk dapat mengatasi tantangan pandemi COVID-19.

Selanjutnya, pada 17 Agustus 2021, DEM Indonesia menggelar upacara virtual HUT ke-76 RI. Hadir seluruh DEM SE Indonesia dalam upacara virtual ini. Mereka menyampaikan 17 butir rekomendasi energi nasional dan daerah serta terkait pertumbuhan ekonomi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Energi di Daerah

Di antara rekomendasi itu ialah pemaksimalan implementasi energi, literasi energi dengan menghadirkan karya karya energi seperti buku blok Rokan dulu kini dan naskah akademik RUU EBT oleh DEM Indonesia. Selain itu, mendorong digitalisasi energi, pengesahan RUU EBT yang pro rakyat, mendorong menjemput bonus demografi pemuda dengan memberikan peran kepada pemuda di sektor energi sejak dini dalam riset.

Rekomendasi kebijakan energi di daerah juga dihadirkan oleh DEM SE Indonesia yang mendorong energi berkeadilan dan menjadikan energi sebagai modal pembangunan bangsa.

Rifqy Nuril Huda selaku wasekjen hukum dan advokasi DEM Indonesia menyampaikan keseluruhan maklumat butir rekomendasi DEM Indonesia dan DEM daerah se Indonesia dapat diakses langsung di sosial media DEM Indonesia dan rekomendasi ini dikirim melalui kantor pos ke Presiden Jokowi.

Selain itu, juga kepada Menteri ESDM, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Mendikbud Dikti, Menparekraf, SKK Migas, menteri BUMN, BPH migas, DPR RI dan dikirimkan ke seluruh pemangku kebijakan di daerah, badan usaha di daerah.

"Agar ke depan impian kita Indonesia adil Makmur dapat kita wujudkan dengan semangat kemerdekaan dan gotong royong," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.