Sukses

Pendonor Darah dan Plasma Konvalesen GP NasDem Tembus 2.717 Orang

GP NasDem menggelar aksi kemanusiaan bertajuk PSP Berderma untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah dan plasma konvalesen.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pendonor darah dan plasma konvalesen yang diselenggarakan Garda Pemuda (GP) NasDem mencapai 2.717 orang. Kegiatan kemanusiaan bertajuk Program Pemuda Siaga Pandemi-Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) ini berlangsung sejak 30 Juli 2021 hingga 18 Agustus 2021. 

Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam PSP Berderma.

"Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan PSP Berderma ini. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa menjadi kekuatan baru bagi kita yang sedang berjuang melawan Covid-19 di Republik Indonesia ini,” ujar Prananda dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Prananda bersyukur masih banyak masyarakat di berbagai pelosok Indonesia yang peduli satu sama lain, terbukti dengan adanya 2.488 pendonor darah biasa dan 229 pendonor plasma konvalesen di PSP Berderma. Sehingga totalnya mencapai 2.717 pendonor.

“Kegiatan PSP Berderma ini menjadi bukti bahwa kami dari Garda Pemuda NasDem siap mengabdikan diri demi kepentingan bangsa dan negara dalam melawan pandemi Covid-19 ini," ungkap Prananda.

Anggota Komisi I DPR RI ini menuturkan, bahwa manfaat dari plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 sangatlah penting. Selain untuk membantu meningkatkan imunitas secara pasif, juga membantu menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah kerusakan organ dalam tubuh.

Tak lupa, Prananda juga mengapresiasi kerja kemanusiaan seluruh kader GP NasDem di Indonesia yang telah merelakan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga aksi donor darah dan donor plasma konvalesen ini berjalan dengan sukses.

Dia juga berpesan kepada kader GP NasDem untuk selalu menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Para kader NasDem terus berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat. Salah satunya kami buktikan dengan kegiatan PSP Berderma ini yang telah dimulai sejak 30 Juli 2021 hingga 18 Agustus 2021," kata Prananda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendonor Terbanyak dari Kepri

Senada, Koordinator Nasional PSP Berderma GP NasDem, Duwi Pratiwi mengatakan, kegiatan puncak PSP Berderma ini digelar pada 18 Agustus 2021 secara serentak sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita juga syukuran atas pencapaian angka pendonor nasional dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bermuara pada kepentingan bersama," terang Duwi.

Dari data yang diterima, jumlah peserta yang telah mendonorkan darahnya mencapai 2.488 orang dan yang mendonorkan plasma konvalesen mencapai 229 orang.

Dari data itu, terdapat tiga provinsi dengan jumlah pendonor terbanyak, pertama Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah pendonor 535 orang, disusul Jawa Tengah 257 pendonor, serta Papua Barat 153 pendonor.

Sebagai informasi, stok persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) dikabarkan menipis seiring tingginya permintaan, sedangkan jumlah pendonor sedikit. Akibatnya, persediaan darah biasa dan plasma konvalesen dengan kebutuhan tidak berimbang.

PMI baru bisa memenuhi permintaan plasma konvalesen untuk 86 ribu pasien. Sementara stok harian berkisar 600 plasma konvalesen dengan jumlah permintaan mencapai 3.000 per hari.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.